Final Kejuaraan Motocross Trial Game Dirt 2024 Digelar di Malang, Perebutan Gelar Juara Umum Memanas!

Final Kejuaraan Motocross Trial Game Dirt 2024 Digelar di Malang, Perebutan Gelar Juara Umum Memanas!

Berita Utama | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 05:10
share

MALANG, iNews.id – Kejuaraan motocross Trial Game Dirt 2024 memasuki putaran final. Usai melewati empat seri, babak pamungkas tahun ini dihelat di Sirkuit Lapangan Rampal, Kota Malang, Jumat (11/10/2024) hingga Sabtu, (12/10/2024).

Belasan kroser elite nasional siap tarung habis-habisan demi merebut gelar juara umum Trial Game Dirt 2024. Mereka adalah deretan nama beken dan langganan juara di kancah motocross nasional seperti Lantian Juan, M. Excel, Savona Okky, Ivan Harry Nugroho, Ananda Rigi, hingga Marcellino Rigi.

Jelang race akhir pekan ini, persaingan di antara rider-rider unggulan makin memanas. Semua menyatakan siap tancap gas demi titel juara di ajang yang diinisiasi 76Rider.

Agnes Wuisan dari 76Rider selaku penyelenggara memberi apresiasi atas tingginya animo penggemar motocross dan para pebalap yang berpartisipasi sejak awal hingga menjelang putaran final di Malang. Dia melihat dari tahun ke tahun level kompetitif kejuaraan ini makin berkembang pesat.

“Dari sisi level persaingan makin meningkat signifikan. Kita melihat bagaimana para rider menunjukkan keseriusan dan ambisinya untuk menjadi yang terbaik di setiap serinya. Maka di putaran final ini kami optimis akan tersaji balapan yang seru dan juga menghibur bagi para penggemar motocross dengan konsep sportainment yang ada di Trial Game Dirt 2024,” ungkap Agnes Wuisan.

Bukan perkara mudah menjadi juara di ajang Trial Game Dirt, sebab nyali saja tak cukup. Diperlukan konsistensi dan daya juang yang tinggi untuk bisa naik podium dan merasakan gelar juara. Ini dirasakan betul rider M. Excel yang saat ini menduduki urutan kedua di standing point sementara kelas utama FFA Open.

Berbekal 82 poin, M. Excel harus tampil sempurna di putaran final, demi menyalip Lantian Juan sang pemuncak klasemen FFA Open dengan 97 poin.

Optimisme M. Excel kian bertambah lantaran baru menyabet medali emas PON XXI Aceh - Sumut 2024, dari cabang olahraga bermotor grasstrack kelas modifikasi beregu.

“Saya akan berusaha fight untuk seri final di Malang dan optimis bisa mengeluarkan penampilan terbaik. Dua elemen yang saya siapkan sebaik-baiknya adalah kesiapan fisik dan performa motor,” terang M. Excel.

Merunut seri sebelumnya di Solo, Lantian Juan memang tampil moncer hingga sukses jadi juara di kelas utama FFA Open. Namun jika Lantian Juan tak bisa mengantisipasi dengan baik di putaran final, deretan pebalap lainnya siap merebut singgasana klasemen dari sang juara bertahan tahun lalu itu.

Selain M. Excel di posisi dua, urutan berikutnya klasemen FFA Open diisi oleh Ivan Harry Nugroho 72 poin, serta duo bersaudara Ananda dan Marcellino Rigi masing-masing 68 dan 62 poin.

“Saya tidak mau berpuas diri dengan pencapaian saya sekarang. Karena seri terakhir nanti persaingan sangat berat, semua lawan masih punya peluang untuk juara,” imbuh pebalap bernomor start 100 ini.

Sementara di kelas Campuran Open, peta persaingan juga masih didominasi Lantian Juan dengan 95 poin. M. Excel lagi-lagi membuntuti di posisi kedua dengan 77 poin.

Berikutnya tempat ketiga Ivan Harry Nugroho dengan 71 poin, sementara posisi keempat dan kelima masing-masing diisi Ananda Rigi (70 poin) dan Savona Okky (59 poin). Selain kelas utama FFA Open dan Campuran Open, Trial Game Dirt juga memperlombakan kelas tambahan yakni Campuran Non-Seeded dan FFA Master.

Mariachi Gunawan, Direktur Genta Auto & Sport selaku promotor mengatakan para kroser wajib tampil dengan performa penuh di putaran final jika ingin menjadi juara. Dia menyebut Sirkuit Lapangan Rampal di Malang menjadi arena yang tepat sebagai pamungkas penentuan juara umum Trial Game Dirt 2024.

“Musim ini luar biasa kompetitif, karena persaingan juara masih ditentukan hingga putaran final di Malang. Dalam balapan semua kemungkinan bisa terjadi. Para pebalap harus bisa mengantisipasi semua obstacles dan handicap yang kami siapkan dengan baik. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tontonan seru buat para penggemar motocross dan grasstrack di Malang,” jelas Mariachi.

Topik Menarik