Ahmad Muzani Minta Pemerintah Cegah Eskalasi Konflik Timur Tengah Meluas

Ahmad Muzani Minta Pemerintah Cegah Eskalasi Konflik Timur Tengah Meluas

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 14:47
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR) Ahmad Muzani meminta pemerintah untuk bisa mencegah eskalasi Timur Tengah meluas. Muzani juga meminta pemerintah tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Muzani meyampaikan pesan itu dalam pidato perdananya di Sidang Paripurna MPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Mulanya, Muzani menyinggung eskalasi politik dk Timur Tengah. Menurutnya, eskalasi itu bisa menimbulkan bahaya bagi dunia. Untuk itu, dia meminta pemerintah dapat mencegah eskalasi Timur Tengah semakin meluas.

"Karena itu, dari mimbar yang terhormat ini, atas nama MPR RI, atas nama bangsa Indonesia dan rakyat Indonesia," tutur Muzani.

Selain itu, Muzani meminta pemerintah untuk senantiasa memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Menurutnya, perjuangan kemerdekaan Palestina merupakan komitmen yang harus dijunjung.

"Meskipun kita harus mencegah terjadinya peperangan yang luas di satu sisi," ucap Muzani.

Dia mengatakan kemerdekaan Palestina merupakan sebuah amanah kesejarahan yang tetap harus dipikul sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955. "Itu adalah Dasa Sila Bandung yang sampai sekarang menjadi amanat dan belum tercapai," tutur Muzani.

Dia mengajak semua elemen masyarakat untuk terus mendukung pemerintah dalam menyuarakan kepentingan rakyat Palestina.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat, termasuk media, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, untuk bersinergi dalam menyuarakan kepentingan rakyat Palestina," ujar Muzani.

Topik Menarik