Kisah Aswan Sopir Truk Tanpa Modal Besar, Kini Dilantik Jadi Anggota DPRD Baubau

Kisah Aswan Sopir Truk Tanpa Modal Besar, Kini Dilantik Jadi Anggota DPRD Baubau

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:52
share

BAUBAU, iNews.id- Siapa sangka, seorang sopir truk yang sehari-hari mengangkut material pasir dan batu di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dilantik menjadi anggota DPRD Baubau. Aswan Syafiudin, yang selama ini bekerja keras sebagai sopir truk, dilantik bersama 25 anggota DPRD lainnya untuk periode 2024-2029 pada 1 Oktober 2024 di Gedung DPRD Kota Baubau.

Rasa kegembiraan terpancar jelas dari wajah Aswan setelah menjalani proses pelantikan. Pria berusia 40 tahun ini mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat hingga memperoleh 1.020 suara dalam pemilihan legislatif lalu. Aswan berhasil mengungguli calon legislatif lainnya dari kalangan pengusaha maupun pengurus partai.

"Tentunya tidak lupa saya panjatkan puji syukur kepada Allah atas rahmatnya saya sampai hari ini ada di titik ini yang tadinya jadi kuli sopir truk," ujar Aswan usai dilantik, Selasa (1/10/2024). 

Aswan berasal dari keluarga sederhana dan saat ini menumpang tinggal di rumah kosong milik keluarganya di Pulau Makassar, Lingkungan Tapana Batu, Kelurahan Sukanaeyo, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau. 

Sebelum menjadi sopir truk, Aswan bekerja serabutan, mulai dari menjual ikan hingga menimbang besi tua di loakan, demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Keberanian Aswan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD tidak lepas dari dorongan warga kampungnya, keluarga, dan teman-temannya sesama sopir truk. Meski tanpa modal besar, Aswan mengandalkan kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi dengan warga serta teman-temannya selama masa kampanye.

Dalam pernyataannya, Aswan berjanji tidak akan melupakan kebaikan teman-teman sopir truk dan berkomitmen untuk memperjuangkan aspirasi warga Pulau Makassar serta rekan-rekannya sesama sopir truk. Kini, dengan semangat baru, Aswan siap menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Baubau.

Topik Menarik