Kapal Roro KMP Tandeman Terbakar di Batam saat Labuh Jangkar, 12 ABK Selamat

Kapal Roro KMP Tandeman Terbakar di Batam saat Labuh Jangkar, 12 ABK Selamat

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:24
share

JAKARTA, iNews.id - Kapal Roro KMP Tandeman terbakar saat labuh jangkar di sekitar Pelabuhan Punggur Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (2/10/2024). Kebakaran tersebut terjadi pukul 14.30 WIB. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Seluruh anak buah kapal (ABK) yang berjumlah 12 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. 

"Sebanyak 12 Orang ABK KMP Tandeman berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat," kata Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal IV Batam Kolonel Laut (P) Tony Priyo Utomo, dalam keterangan tertulisnya. 

Dia menjelaskan, kebakaran kapal diduga dari adanya korsleting listrik yang terjadi di bagian atas kapal sehingga membakar bagian atas kapal KMP Tandeman. 

Komandan Kapal Patroli Lingga TNI AL, Pelda Novrianto mengatakan, kebakaran kapal roro terjadi secara tiba tiba.

“Kami sedang patroli tak jauh dari lokasi kejadian melihat asap dari kapal roro Tandeman. Kami langsung meluncur ke lokasi dan segera melakukan evakuasi terhadap 12 anak buah kapal,” katanya.

Kapal dari Bakamla dan TNI AL dikerahkan untuk memadamkan api. Setelah berjuang sekitar 2 jam, kobaran api dapat dipadamkan. 

12 Orang ABK KMP Tandeman yang dievakuasi  menggunakan Patkamla Lingga, Rigid Buoyant Boat (RBB) dan dibantu dengan unit reaksi cepat tim F1QR Lantamal IV Batam yang lebih dulu mengamankan para ABK dari tempat terbakarnya kapal.

Topik Menarik