Kebakaran Rumah Dinas Pegawai Telkom di Palangka Raya Diduga akibat Korsleting Listrik

Kebakaran Rumah Dinas Pegawai Telkom di Palangka Raya Diduga akibat Korsleting Listrik

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:18
share

PALANGKA RAYA, iNews.id - Kebakaran hebat terjadi di Jalan Cempaka, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Rabu (2/10/2024). Api menghanguskan rumah dinas pegawai Telkom beserta isinya.

Kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek (korsleting) listrik setelah seorang pegawai yang akan menempati rumah tersebut mengisi token listrik dan meninggalkan rumah untuk membersihkan rumput.

Api dengan cepat menghanguskan bagian atap rumah yang terbuat dari kayu dan seng, hingga merambat ke dalam ruangan dan menghanguskan barang-barang di dalamnya.

Personel pemadam kebakaran segera dikerahkan dengan sejumlah mobil damkar untuk mencegah api merembet ke bangunan lain di sekitar rumah yang terbakar. 

Setelah berjibaku selama hampir satu jam, kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran yang dibantu oleh para relawan. Namun, bangunan rumah dua pintu yang sudah satu tahun tak dihuni tersebut hangus dilalap api.

Saksi mata yang juga pegawai Telkom yang akan menempati rumah tersebut mengatakan, kobaran api pertama kali muncul dari bagian atas tengah rumah setelah token listriknya diisi dan ditinggal untuk membersihkan rumput. 

"Ini kaitannya dengan korsleting listrik karena saat diisi tokennya barulah kebakaran itu terjadi. Sebelum token diisi, tidak ada api di situ," ujar Sekretaris Dinas Damkar Kota Palangka Raya, Martin S di lokasi.

Akibat peristiwa ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Petugas Polresta Palangka Raya dan Polsek Pahandut kini tengah menyelidiki penyebab pasti kebakaran dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

Topik Menarik