Cara Meredam Knalpot Racing agar Tidak Kena Tilang Polisi dan Omelan Warga

Cara Meredam Knalpot Racing agar Tidak Kena Tilang Polisi dan Omelan Warga

Otomotif | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:20
share

JAKARTA, iNews.id - Cara meredam knalpong racing agar tidak berisik kerap dilakukan para biker. Ini dilakukan agar suara yang dikeluarkan knalpot racing terdengar lebih adem sehingga tidak kena tilang polisi dan omelan warga sekitar.

Knalpot merupakan piranti yang menjadi tempat keluarnya gas buang dari hasil pembakaran menuju udara bebas. Memakai knalpot racing bisa mendongkrak performa mesin. Namun, banyak yang tidak suka karena suara knalpot racing terlalu bising hingga memekakkan telinga.

Penggunaan knalpot sebenarnya telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 285. 

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."

Lalu, bagaimana cara meredam knalpong racing agar suaranya lebih sopan dan tidak kena omelan warga.

Cara meredam knalpot racing

Pakai peredam 

Menggunakan peredam setidaknya bisa mengurangi kebisingan suara knalpot.  Ini menjadi cara paling instan guna meredam kebisingan.

Bagaimana cara pemasangannya mudah? Masukkan peredam ke dalam pipa knalpot. Meskipun alat peredam ini tidak menurunkan kebisingan suara knalpot secara maksimal, namun cara ini bisa meminimalkan suara bising.

Ganti muffler 

Apa itu muffler. Ya, muffler adalah bagian terpenting dari knalpot posisinya berada di paling ujung. Menggunakan muffler bisa membuat suara knalpot lebih senyap.

Namun, untuk menggantinya lebih baik berkonsultasi dulu dengan mekanik atau orang yang mengerti. Sebab, banyak varian muffler dijual di pasaran. Jika keliru bisa menurunkan performa motor.

Bagaimana dengan knalpot racing pada mobil? Bisa mennggunakan teknik lain, yaitu menambahkan lapisan kedap suara, seperti silent coat atau dynamat. Ada juga model semprotan kedap suara yang dapat membantu memblokir suara bising.

Itulah cara meredam knalpot racing agar tidak berisik dan tidak terkena omelan warga.

Topik Menarik