5 Sopir Bus Legendaris di Indonesia, Ada yang Terkenal Tempel 5 Cm

5 Sopir Bus Legendaris di Indonesia, Ada yang Terkenal Tempel 5 Cm

Otomotif | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 17:24
share

JAKARTA, iNews.id – Profesi sopir bus memiliki peran penting dalam layanan transportasi darat. Tidak hanya keahlian yang dibutuhkan, jam terbang dan pengalaman mereka dalam memberikan kenyamanan serta keamanan sepanjang perjalanan menjadi faktor penting.

Ada beberapa sopir bus yang namanya melegenda di kalangan Busmania. Mereka dikenal tidak hanya karena cara mengemudinya yang berani, tapi juga keramahan terhadap penumpang dan penggemar yang membuat mereka disegani.

Ini yang membuatnya selalu dinantikan banyak pencinta bus baik di terminal maupun jalan. Lantas, siapa saja sopir bus yang melegenda tersebut? 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima sopir bus melegenda. 

1. Mbah Datuk

Meski usianya sudah tidak muda lagi, Mbak Datuk (66) masih menjalani profesinya sebagai sopir bus. Kecintaannya terhadap bus membuat pria kelahiran 1958 ini enggan meninggalkan profesinya yang digeluti selama puluhan tahun.

Mbah Datuk yang berasal dari Sidoarjo merupakan salah seorang sopir Sumber Group, yakni PO Sugeng Rahayu. Dia masih sangat cekatan mengemudikan kendaraan besar tersebut.

“Saya di Sumber Kencana sudah sejak sebelum zamannya Dongfeng (sasis bus dari China). Sekarang sudah usia 63 tahun (saat di wawancara pada 2021). Seng penting jangan lupa jamunya,” kata Mbah Datuk dalam video di kanal YouTube Rakyani Dani.

Dalam video tersebut, kemampuan Mbah Datuk sebagai sopir bus tidak perlu diragukan lagi. Dirinya mampu membawa kendaraan besar itu meliuk-liuk di jalanan yang padat dengan kendaraan.

Kabarnya, perusahaan telah memberhentikan Mbah Datuk karena usianya yang sudah tua dan sesuai dengan peraturan perusahaan. Berdasarkan laporan yang beredar, Mbah Datuk kini bekerja sebagai sopir travel dengan trayek Jombang – Surabaya – Malang.

2. Pak Jhon Nasution

Pencinta bus pasti tidak asing lagi dengan nama ini, yang memiliki semboyan ‘Badai Pasti Berlalu’ tertuang pada kaca belakang bus batangannya. Sopir PO A.L.S (Antar Lintas Sumatera) ini melayani perjalanan terpanjang Medan-Jakarta PP.

Pria ini tetap setia mengabdi pada PO bus A.L.S meski mendapatkan banyak tawaran dari perusahaan otobus (PO) lain. Dia mengaku seperti memiliki utang budi kepada perusahaan karena ini menjadi tempat pertamanya bekerja.

“Belum bisa lah kita tinggalkan ALS, karena kan kita besarnya di sini. Kita kan masih dipakai di sini. Istilahnya kalau di Medan itu, orang itu masih sayang lah sama kita. Jadi tidak bisa kita tinggalkan,” ujar Jhon Nasution dalam video di kanal YouTube Rafafara Family.

Pak Jhon Nasution juga merupakan sosok pria yang dikenal sangat ramah terhadap semua orang, meski memiliki perawakan yang terlihat sangar. Dia juga memiliki kanal YouTube Jhon 270 Official yang membagikan kegiatan di dunia bus.

3. Bu Yayuk

Siapan yang tak kenal dengan sosok Theresia Bekti Rahayu atau yang akrab disapa Bu Yayuk. Wanita asal Wonogiri ini menjadi salah satu sopir bus yang melegenda. Namanya dikenal saat dirinya menjadi sopir bus di PO Haryanto.

Bu Yayuk mengejutkan busmania karena bergabung dengan PO Kencana, Di perusahaan barunya Bu Yayuk dipercaya membawa bus double decker.

Namun dunia bus berduka. Sang legenda Bu Yayuk meninggal dunia pada Sabtu (14/1/2023) di kediamannya Wonogiri, Jawa Tengah. Wanita yang dikenal ramah tersebut meninggal di usia 52 tahun diduga akibat serangan jantung.

4. Yudi Bopak

Sosok Yudi Bopak merupakan salah satu sopir bus yang terkenal di perusahaan Sumber Group. Dia merupakan pawang dari bus PO bus Sugeng Rahayu dengan sebutan Rengganis. 

Dia dikenal sangat lihai membawa armada batangannya dan tak ragu menyalip kendaraan yang ada di jalurnya. Keberanian dalam bermanuver membuat nama Yudi Bopak sangat terkenal di kalangan pencinta bus. 

Namun, dia harus keluar dari Sumber Group karena aturan perusahaan yang membuatnya berpaling ke PO lain. Kini, Yudi Bopak menjadi sopir bus PO Pandawa 87 jurusan Solo-Ciledug PP dengan gaya mengemudi yang sedikit berbeda. 

Kendati begitu, dia masih berani melakukan manuver menegangkan. Sebelumnya, Yudi Bopak sempat menjadi sopir bus PO Eka Cepat jurusan Surabaya-Yogyakarta. Namun, dia sempat berhenti menjadi sopir bus saat pandemi. Dia kembali ke balik kemudi bersama PO Pandawa 87.

5. Mr Gaplek

Sopir bus satu ini dikenal dengan julukan “Nempel 5 cm” karena memang sangat berani menempel belakang bus lain dengan jarak yang sangat dekat. Pria yang memiliki nama asli Alfian Saputra ini sangat terkenal di kalangan busmania karena keberaniannya.

Memiliki ciri khas rambut panjang sebahu dan kacamata hitam, Mr Gaplek terlihat sangat tenang dalam mengemudikan bus. Padahal, dia memacu kendaraan besar tersebut dengan kecepatan tinggi dan tak segan menempel kendaraan lain jika tak ingin memberi ruang.

Itulah deretan sopir bus legendaris yang dikenal luas busmania.

Topik Menarik