Mats Deijl Murka Gagal Dinaturalisasi Timnas Malaysia, Semprot FIFA

Mats Deijl Murka Gagal Dinaturalisasi Timnas Malaysia, Semprot FIFA

Olahraga | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 17:25
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Bek berdarah Belanda Mats Deijl dikabarkan murka usai gagal dinaturalisasi Timnas Malaysia. Pemain Go Ahead Eagles itu menyemprot FIFA.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sudah mengirimkan berkas naturalisasi Deijl ke FIFA. Namun proposal itu ditolak mentah-mentah lantaran garus keturunan Malaysia yang dimiliki sang pemain terlalu jauh. 

Merujuk aturan Pasal 8 yang Mengatur Penerapan Statuta FIFA terkait kelayakan mewakili timnas, setiap pemain bisa mewakili negara jika memenuhi empat syarat.

Pertama, pemain tersebut lahir di negara tersebut. Kedua, ibu dan ayah pemain lahir di negara tersebut. Lalu ketiga, kakek dan nenek pemain lahir di negara tersebut. Terakhir atau keempat, pemain tersebut tinggal di negara tersebut selama lebih dari lima tahun.

Tersebar di media sosial ungkapan kekecewaan Deijl usai gagal memperkuat Timnas Malaysia. Dia meluapkan kekesalannya dalam pesan langsung dan diunggah akun X @frfuturetalents.

"Saya baru saja menerima panggilan (diberitahu soal naturalisasi yang gagal). Sangat mengecewakan. Semoga di masa depan semua bisa jadi mungkin, tapi tidak untuk sekarang," tulis Deijl.

"Peraturan bodoh," lanjutnya.

FAM tidak menyerah begitu saja usai gagal menaturalisasi Mats Deijl. Mereka terus berusaha mengejar pemain keturunan lain untuk dinaturalisasi guna memperkuat Timnas Malaysia.

Otoritas sepak bola tertinggi di Negeri Jiran itu mengikuti langkah PSSI yakni menaturalisasi pemain keturunan guna menambah kekuatan tim nasional. Timnas Indonesia baru saja merampungkan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Topik Menarik