Laksamana M Ali Ungkap Alasan TNI AL Beri Jokowi Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Laksamana M Ali Ungkap Alasan TNI AL Beri Jokowi Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Terkini | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 12:49
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Muhammad Ali mengungkapkan alasan TNI AL memberikan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dianggap telah berkontribusi besar terhadap TNI AL, khususnya terkait pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista).

"Beliau sudah banyak sekali membantu TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dan khususnya satuan kapal selam dalam meningkatkan dan membangun kekuatan dari armada kapal selam itu-itu sendiri," kata Ali di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

Dia mengatakan, pemerintahan Jokowi telah menginisiasi pengadaan kapal selam. Pengadan itu memperkuat kekuatan armada yang dimiliki TNI AL.

Ali mengungkapkan, pemberian Brevet Kehormatan Hiu Kencana juga dilakukan kepada para presiden terdahulu mulai dari Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana ini memang dari sejarahnya selalu diberikan pada hampir seluruh presiden Indonesia ya," ungkapnya.

Diketahui, Jokowi menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana dari TNI AL. Penyematan dilakukan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di atas KRI dr Radjiman Wedyodiningrat pada Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

Berdasarkan pantauan, Jokowi tampak mengenakan jaket dan topi hitam. Agus lalu menyematkan secara langsung brevet pada dada kanan Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Samkarya Nugraha kepada Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal.

Topik Menarik