13 Suporter Persija Ditangkap usai Rusak Rumah Pendukung Persib di Sukabumi

13 Suporter Persija Ditangkap usai Rusak Rumah Pendukung Persib di Sukabumi

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 18:56
share

SUKABUMI, iNews.id – Polisi menangkap 13 orang diduga pendukung Persija Jakarta atas dugaan perusakan rumah warga di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Belasan terduga pelaku perusakan itu bukan warga Jakarta.

Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota, AKP Bagus Panuntun mengatakan, dalam beberapa jam setelah kejadian, Satreskrim Polres Sukabumi Kota dan Polsek Warudoyong mengamankan para terduga pelaku penyerangan.

"Mereka diamankan di wilayah Cisarua perbatasan di bawah rel kereta wilayah Sukabumi Kota juga. Mereka sedang di tempat angkringan hanya makan saja di sana, yang rencananya mau ke arah Jalur (Jalan Lingkar Selatan)," ujar Bagus, Selasa (24/9/2024).

Bagus menjelaskan, dari 13 terduga pelaku tersebut, rata-rata berusia 17 hingga 20 tahun. Meskipun pendukung Persija, mereka bukan berasal dari Jakarta tetapi merupakan warga Kota dan Kabupaten Sukabumi.

"Mereka konvoi menggunakan (baju) Persija bahwa mereka adalah the Jak atau suporter Persija dan mereka (dari) beberapa wilayah ada yang daerah Cikembar, ada yang di daerah Jampang, Cisaat dan mereka berkumpul satu titik di wilayah Sukabumi dan mereka bukan orang Jakarta," ujar Bagus.

Terkait motif penyeranga rumah, lanjut Bagus, diduga berawal dari adanya provokasi. Ketika itu rombongan pendukung Persija yang jumlahnya mencapai kurang lebih 100 orang melintas dari arah Nyomplong menuju arah Odeon.

"Kejadian berawal dari ketika mereka nobar antara Persib dan Persija kemudian mereka 100 orang nobar di warkop di daerah Jalan Veteran. Kemudian setelah itu mereka berkonvoi ke titik kumpul berikutnya yaitu di daerah Odeon," ujar Bagus.

Bagus menambahkan, pada saat mereka konvoi tiba-tiba melewati TKP, pengakuannya ada yang berteriak dari dalam rumah tersebut dengan mengatakan kata-kata kotor. Kemudian mereka terpancing, masuk dan melihat di dalam rumah tersebut ada banner (spanduk) Persib.

"Ketika itu para pelaku melakukan perusakan rumah dan cari-cari orang yang bersuara yang mengatakan kata-kata kotor terhadap suporter Persija ini. Setelah melakukan perusakan, kemudian kami berhasil mengamankan 13 orang yang diduga pelaku penyerangan tersebut," ujar Bagus.

Topik Menarik