Kapal Pinisi Terbakar di Perairan Labuan Bajo, Kobaran Api Muncul dari Bagian Mesin

Kapal Pinisi Terbakar di Perairan Labuan Bajo, Kobaran Api Muncul dari Bagian Mesin

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 15:01
share

MANGGARAI BARAT, iNews.id - Kapal Pinisi Nayara terbakar di Perairan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Peristiwa ini terjadi saat kapal masih hendak berlabuh dekat Pelabuhan Marina Labuan Bajo, Senin (23/9/2024) petang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto mengatakan, kebakaran terjadi saat kapal wisata tersebut sedang dilakukan perbaikan mesin. Tiba-tiba muncul kepulan asap dari bagian belakang kapal. 

"Saat pemeliharaan, perbaikan di kamar mesin, pada genset terjadi api dan kapal terbakar di bagian kamar mesin," ujar Risdiyanto, Selasa (24/9/2024).

Menurutnya kobaran api berhasil dipadamkan tim SAR gabungan beberapa menit kemudian. Personel yang diturunkan meliputi Basarnas 5 orang, KSOP 12 orang, Polairud 4 orang dan TNI AL 3 orang. 

Selanjutnya kapal dievakuasi agar tidak tenggelam atau ditabrak kapal lainnya yang melintas.

"Kapal dikandaskan untuk menghindari tenggelam dan ditubruk kapal-kapal yang lain serta dilakukan proses pendinginan," katanya.

Diketahui, dalam kejadian kapal terbakar ini dipastikan tidak ada korban jiwa. Sejauh ini belum diketahui total kerugian akibat kebakaran tersebut.

Topik Menarik