Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100, Pahami Langkah-langkahnya

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100, Pahami Langkah-langkahnya

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 22:53
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengembalikan kesehatan baterai iphone ke 100 masih menjadi hal yang kerap diperbincangkan banyak orang. Untuk melakukan hal itu, biasanya bisa dilakukan dengan cara mengkalibrasi ulang ataupun mengganti baterai dengan yang baru. 

Battery Health atau kesehatan baterai merupakan sebuah indikator atau petunjuk yang menentukan sehat atau tidaknya pada suatu baterai ponsel iPhone. Biasanya, kesehatan baterai ditunjukkan dalam persentase angka tertentu. Makin besar angka persentasenya, maka semakin baik pula kondisi baterainya.

Meski begitu, angka battery health bisa saja menurun seiring lamanya penggunaan ponsel iPhone. Tentu hal itu merupakan suatu hal yang biasa terjadi pada setiap seri ponsel besutan Apple tersebut. 

Lantas, bagaimana cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100? Untuk mengetahui jawabannya berikut iNews.id akan berikan informasinya dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/9/2024). 

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

1. Kalibrasi Baterai iPhone

Kalibrasi baterai pada ponsel iPhone dilakukan untuk menormalisasi baterai. Ini dilakukan agar kapasitas daya bisa terbaca dengan akurat. 

Dengan demikian, kalibrasi akan membuat iPhone terhindar dari salah baca saat mendeteksi baterai. Berikut ini cara kalibrasi baterai iPhone yang bisa kamu lakukan: 

1. Lakukan pengisian daya baterai iPhone sampai 100 persen.

2. Setelah itu, gunakan iPhone sampai baterai habis dan mati secara otomatis.

3. Isi kembali daya baterai iPhone sampai 100 persen. 

4. Gunakan iPhone sampai baterai habis dan mati secara otomatis.

5. Isi kembali daya baterai iPhone sampai 100 persen.

6. Ulangi proses tersebut sebanyak tiga kali. 

7. Kalibrasi baterai iPhone berhasil dilakukan.

2. Reset iPhone ke Setelan Pabrik

Reset iPhone ke setelah pabrik merupakan salah satu cara mengembalikan kesehatan baterai ke 100. Melakukan cara ini bisa membuat data kamu yang tersimpan di HP akan terhapus secara otomatis. 

Ada baiknya sebelum mereset HP ke setelan pabrik untuk melakukan back up data. Dengan tujuan data-data penting di perangkat tidak terhapus. 

3. Gunakan Charger ORI

Meski harganya terbilang murah, melakukan pengisian daya menggunakan charger KW sangat tidak direkomendasikan. Agar kesehatan baterai iPhone-mu kembali sehat, alangkah baiknya untuk menggunakan charger asli atau resmi dari iBox. 

4. Isi Ulang Bateri Sebelum Lowbat

Perlu dipahami, membiarkan iPhone mati karena kehabisan daya baterai ternyata bisa membawa dampak buruk kepada perangkat. Jika terus-terusan melakukan hal itu, komponen pada HP iPhone-mu akan rusak. 

Maka dari itu, biasakan untuk mengisi daya baterai sebelum lowbat atau saat indikator baterai menunjukkan angka 20 persen. 

Apakah Battery Health iPhone Bisa Diganti? 

Bagi pengguna HP iPhone yang ingin mengembalikkan battery health menjadi 100 bisa melakukannya dengan cara mengganti baterai baru. 

Pada umumnya, pengguna HP iPhone akan mengganti baterai dengan yang baru bila persentase kesehatan baterai di bawah 70 hingga 80 persen. Namun, tak sedikit pula ada yang mengganti baterai bila perangkat mudah panas dan ketahanan daya cepat habis.

Demikian ulasan mengenai cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik