Mantan Desainer Apple Jony Ive Kerja Bareng Sam Altman, Digadang-gadang Bikin Produk Berbau AI

Mantan Desainer Apple Jony Ive Kerja Bareng Sam Altman, Digadang-gadang Bikin Produk Berbau AI

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 20:01
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan desainer Apple Jony Ive dan CEO OpenAI Sam Altman dikabarkan berkolaborasi. Ada sekitar 10 karyawan yang diduga terlibat dalam proyek tersebut. 

Dalam profil The New York Times yang diterbitkan akhir pekan ini, Ive mengonfirmasi perusahaannya, LoveFrom mempimpin desain produk AI yang dibuat bersama Altman. Tang Tan dan Evans Hankey juga terutu serta, di mana keduanya memegang peran desain besar di Apple.

Sejauh ini, ada tim yang terdiri atas sekitar 10 karyawan yang terlibat dalam proyek tersebut. Mereka berkantor di gedung perkantoran San Francisco, salah satu properti yang dibeli Ive di satu blok kota, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (23/9/2024). 

Laporan menguraikan Tan dan Hankey yang mendorong kursi roda di antara properti LoveFrom yang di atasnya terdapat kertas dan kotak kardus berisi ide-ide awal untuk sebuah produk yang menggunakan AI. 

Sejak Ive meninggalkan Apple pada 2019 untuk memulai LoveFrom, firma desain tersebut telah mengerjakan jenis huruf dan bahkan hidung badut merah. Meskipun produk AI tampaknya sudah di depan mata, saat ini belum ada jadwal kapan produk tersebut akan diluncurkan.

Sekadar informasi, Jony Ive sudah tidak asing lagi. Ive, yang bekerja di Apple selama puluhan tahun bersama Steve Jobs, dikenal sebagai desainer berbagai perangkat ikonik dari perusahaan tersebut. 

Dari gadget unik dan berwarna-warni di akhir 90-an dan awal 2000-an laptop minimalis hingga yang dikenal sekarang merupakan  warisan Ive.

Karyanya sesekali mungkin mengundang kontroversi. Tapi karyanya jelas meninggalkan jejak di Apple. Kini, Ive ingin merancang sesuatu yang benar-benar baru menggunakan AI.

Topik Menarik