Desa di Karo Punya Pemandangan seperti di Eropa, Bisa Lihat Air Terjun Cantik Suasananya Bikin Tenang

Desa di Karo Punya Pemandangan seperti di Eropa, Bisa Lihat Air Terjun Cantik Suasananya Bikin Tenang

Travel | inews | Senin, 23 September 2024 - 11:44
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Karo Sumatera Utara harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Ya, desa yang tersembunyi memiliki pemandangan menakjubkan layaknya di Eropa. 

Desa tersebut berlokasi di Berastagi, Kabupaten Karo Sumatera, memiliki pemandangan air terjun eksotis. Tidak hanya Danau Toba yang memiliki daya pikat menakjubkan. Jika berkunjung ke Berastagi,  Anda akan menemukan air terjun cantik dengan pemandangan ala Eropa

Memiliki nama Air Terjun Sipiso Piso. Keindahan air terjun ini tak perlu diragukan lagi. Letaknya sekitar 135 km dari Berastagi. Tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus, air terjun ini terlihat begitu menawan, putih dan tajam di tengah-tengah tebing yang hijau.

Keindahan alamnya seperti keindahan khas Eropa. Airnya sejuk dan mengalir deras membentuk garis vertikal dari ketinggian 120 meter. Terlihat eksotis saat airnya berjatuhan ke permukaan yang dipenuhi air pegunungan.

Objek wisata air terjun yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini terbentuk secara tak sengaja, akibat reruntuhan dinding kaldera setelah tiga periode letusan gunung api. Runtuhan ini kemudian memotong sungai menjadi air terjun.

Menurut masyarakat setempat, nama Sipiso Piso artinya pisau atau piso. Karena ketinggian dan derasnya air mengalir seperti sebilah pisau tajam.

Sebelum melihat Air Terjun Sipiso Piso dari dekat, berkunjunglah ke gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Anda akan melihat hamparan keindahan Tanah Karo. Dari gardu pandang ini, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Setelah puas menikmati pemandangan dari puncak bukit, perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan menyusuri pinggiran tebing yang curam.

Melewati 1.000 anak tangga yang berliku tersebut akan memakan waktu sekitar satu jam hingga ke dasar air terjun. Selama perjalanan, jangan lupa mengabadikan momen dengan berfoto, sehingga rasa lelah tak akan terasa.

Untuk sampai ke Air Terjun Sipiso Piso, harus menyusuri jalan setapak yang menikung dan curam. Karena itu, harus sangat hati-hati. Di sepanjang jalan banyak tersedia pondok, jadi tak perlu khawatir bila hujan atau ingin beristirahat melepas lelah di perjalanan.

Sesampainya di dasar Air Terjun Sipiso Piso, hilang sudah semua lelah. Hawa sejuk dan percikan air terjun terasa menenangkan. Hal menarik dari air terjun Sipiso Piso adalah riak airnya mengalir ke bawah menuju Danau Toba. Momen ini kemudian dimanfaatkan wisatawan lokal dan mancanegara untuk berendam di aliran sungai Sipiso Piso.

Menuju Air Terjun Sipiso Piso dibutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam dari Kota Medan dan sekitar 24 kilometer dari Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Tanah Karo. Anda bisa menggunakan transportasi umum dari terminal Medan menuju Kabanjahe, atau menyewa kendaraan bermotor.

Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan asing banyak yang mengunjungi Air Terjun Sipiso Piso, seperti dari Belanda, Malaysia, dan Prancis.

Topik Menarik