Cara Mengolah Biji Pepaya untuk Obat, Bisa Atasi Pencernaan hingga Jerawat 

Cara Mengolah Biji Pepaya untuk Obat, Bisa Atasi Pencernaan hingga Jerawat 

Travel | inews | Minggu, 22 September 2024 - 10:00
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengolah biji pepaya untuk obat sangat mudah dibuat. Anda bisa membuat di rumah menggunakan bahan alami yang ada di dapur. 

Perlu diketahui, pepaya merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Namun, biasanya biji dalam pepaya selalu dibuang karena memiliki rasa yang pahit.

Kali ini Anda tidak perlu membuang biji pepaya. Anda bisa memanfaatkan biji pepaya sebagai obat. Biji pepaya mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan aneka jenis antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid. 

Selain itu, biji buah yang satu ini juga mengandung zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Berkat berbagai kandungan ini, biji pepaya jadi bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran, ingin tahu bagaimana mengolah biji pepaya untuk obat? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (21/9/2024).

Cara Mengolah Biji Pepaya untuk Obat

1. Biji pepaya dibuat menjadi obat pencernaan

Biji pepaya mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan.

Cara membuat: Keringkan biji pepaya di bawah sinar matahari atau oven dengan suhu rendah. Setelah kering, haluskan menjadi bubuk. Anda bisa mengonsumsi satu sendok teh bubuk biji pepaya ini dengan air hangat atau campur dengan madu untuk membantu pencernaan.

2. Biji pepaya dibuat menjadi obat cacingan 

Biji pepaya memiliki efek antiparasit yang kuat dan bisa membantu mengatasi cacing dalam usus

Cara membuat: Ambil biji pepaya segar dan keringkan. Konsumsi langsung biji pepaya sebanyak satu sendok makan setiap hari selama seminggu. Bisa dicampur dengan madu untuk rasa yang lebih enak.

3. Biji pepaya dibuat untuk detoksifikasi hati

Biji pepaya juga bermanfaat untuk membersihkan hati dari racun.

Cara membuat: Keringkan biji pepaya dan haluskan menjadi bubuk. Campurkan setengah sendok teh bubuk biji pepaya dengan perasan air lemon, minum 1-2 kali sehari selama sebulan untuk detoks hati.

4. Biji pepaya dibuat untuk mengatasi jerawat

Karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi, biji pepaya bisa diolah menjadi masker wajah.

Cara membuat: Haluskan biji pepaya segar hingga menjadi pasta. Oleskan pasta biji pepaya ini pada area wajah yang berjerawat, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas.

Itulah cara mengolah biji pepaya untuk obat. Mengonsumsi biji pepaya harus dilakukan secara moderat, karena sifatnya yang cukup kuat dan bisa memengaruhi kesuburan jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum memulai pengobatan dengan biji pepaya, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Selamat mencoba!

Topik Menarik