Dongkrak Sektor Otomotif, ACC Tingkatkan Penetrasi Pembiayaan Kendaraan

Dongkrak Sektor Otomotif, ACC Tingkatkan Penetrasi Pembiayaan Kendaraan

Otomotif | inews | Minggu, 22 September 2024 - 08:23
share

JAKARTA, iNews.id - Sektor otomotif Indonesia tengah bekerja keras. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melihat kinerja produksi dan penjualan mobil pada 2024 masih kurang bergairah. 

Padahal, pemerintah berambisi menyalip Thailand sebagai produsen otomotif nomor satu di ASEAN. Di sisi lain, kinerja penjualan mobil di dalam negeri belum maksimal.

Berdasarkan data Gaikindo penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional turun 19,4 persen year on year (YoY) menjadi 408.012 unit pada Januari-Juni 2024, dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 506.427 unit. 

Sementara itu, penjualan retail (dealer ke konsumen) mobil nasional terkoreksi 14 persen yoy menjadi 431.987 unit pada Januari-Juni 2024, dari sebelumnya 502.533 unit. Gaikindo pun mengoreksi target penjualan mobil nasional menjadi 900 ribu unit, dari angka 1 juta unit.

Menyikapi itu, Astra Credit Companies (ACC), grup perusahaan pembiayaan otomotif berusaha mengenjot penetrasi pasar. Salah satunya dengan menggelar berbagai kegiatan di daerah.

Terbaru, mereka menggelar pameran ACC Carnival Bandung, pada 21-22 September 2024 di Kota Baru Parahyangan, Bandung, Jawa Barat.

Regional Business Head ACC Jawa Barat Budiman mengatakan, berkolaborasi event tersebut bertujuan memberikan kemudahan dalam pembelian kendaraan. Ini diharapkan pasar otomotif kembali bergairah.

“Sesuai dengan misi ACC To Promote Credit for A Better Living, kami memberikan kemudahan kepada masyarakat Bandung untuk memiliki mobil impian. Berkolaborasi dengan brand-brand otomotif terkenal ACC dengan penawaran program menarik,” ujar Budiman dalam keterangan persnya dilansir Kamis (22/9/2024). 

Kegiatan tersebut digelar berkolaborasi dengan sejumlah brand otomotif. Ini terlihat ACC Carnival menampilkan booth-booth otomotif, antara lain Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Honda, Hyundai dan Suzuki. Pengunjung juga bisa melakukan trade in kendaraannya.

Topik Menarik