Keabsahan Bakal Cabup Pemalang Vicky Prasetyo Dipertanyakan Warga, Ini Kata KPU

Keabsahan Bakal Cabup Pemalang Vicky Prasetyo Dipertanyakan Warga, Ini Kata KPU

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 06:33
share

PEMALANG, iNews.id - Bakal calon bupati (Bacabup) yang juga artis, Vicky Prasetyo mendatangi KPU Pemalang, Sabtu (21/9/2024) sore. Kedatangan artis berjuluk Sang Gladiator itu untuk memenuhi panggilan KPU terkait keabsahan pencalonannya yang dipersoalkan warga.

Vicky diduga tidak memenuhi syarat dalam pencalonan di Pilkada Pemalang seperti ketidaksusuaian nama KTP, status mantan narapidana, hingga sejumlah kasus hukum yang pernah menjerat artis tersebut.

Vicky datang bersama tim kampanyenya dan juga dihadiri Bawaslu Pemalang. Pertemuan untuk klarifikasi ini di ruang rapat dan dilakukan secara tertutup.

Vicky Prasetyo yang diusung PKB bersama Mochammad Suwendi mengatakan, kedatangannya ke KPU sebagai bentuk patuh terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

“Saya memberi bukti menyangkut faktual hukum dan hal-hal yang diperlukan terkait status pencalonan saya yang dipertanyakan masyarakat,” katanya.

Komisioner KPU Pemalang, Supriyanto mengatakan, klarifikasi ini merupakan tindak lanjut dari aduan masyarakat beberapa hari lalu. 

Dari hasil klarifikasi tersebut, sosok artis yang dijuluki Gladiator itu dinyatakan memenuhi syarat. “Pak Vicky sudah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon bupati pada 22 September besok,” ucapnya

Ketua Bawaslu Pemalang, Sudadi mengatakan, pemanggilan Vicky Prasetyo untuk klarifikasi karena ada aduan dari masyarakat.

Diketahui, penetapan calon bupati dan wakil bupati Pemalang akan dilakukan Minggu (22/9/2024). Setelah itu, undian nomor urut pasangan cabup-cawabup, Senin (23/9/2024).

Topik Menarik