Presiden Macron Peringatkan Netanyahu: Israel Giring Timur Tengah menuju Perang

Presiden Macron Peringatkan Netanyahu: Israel Giring Timur Tengah menuju Perang

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 09:17
share

PARIS, iNews.id - Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa Israel sedang menggiring kawasan Timur Tengah ke dalam perang.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan, Macron menyampaikan peringatan itu kepada Netanyahu melalui sambungan telepon setelah serangan udara Israel ke Beirut yang menewaskan sedikitnya 14 orang, Jumat (20/9/2024).

"Israel menggiring kawasan tersebut ke dalam perang," kata Macron, seperti dilaporkan kembali Anadolu, Sabtu (21/9/2024).

Seperti bisa ditebak, Netanyahu ngeyel. Dia justru balik menceramahi Macron. Menurut Netanyahu, ketimbang menekan Israel, Prancis sebaiknya meningkatkan tekanan terhadap Hizbullah.

Surat kabar tersebut juga mengutip pernyataan seorang sumber pejabat Prancis yang mengatakan, pemerintahannya yakin bahwa perkembangan terkini di Lebanon semakin meningkatkan kemungkinan terjadinya perang.

Serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai 66 lainnya. Komandan senior Hizbullah Ibrahim Aqil termasuk yang tewas dalam serangan udara menggunakan jet tempur F-35 itu.

Sebelumnya kelompok Hizbullah menghujani Israel dengan 150 roket. Serangan itu ditujukan ke pangkalan-pangkalan militer Israel di sepanjang perbatasan. Israel mengklaim tak ada korban dalam serangan itu meski memicu kebakaran lahan.

Serangan Hizbullah itu dilancarkan sebagai pembalasan atas bom perangkat komunikasi massal pada Selasa dan Rabu lalu yang menewaskan 37 orang dan melukai hampir 3.000 orang lainnya.

Topik Menarik