6 Fakta Menarik Danau Toba yang Menakjubkan, Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

6 Fakta Menarik Danau Toba yang Menakjubkan, Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Travel | inews | Selasa, 3 September 2024 - 11:16
share

JAKARTA, iNews.id - Danau Toba merupakan destinasi ikonik di Sumatera Utara yang dikenal hingga mancanegara. Danau vulkanik terbesar di Indonesia ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 505 meter.

Tidak heran jika danau ini termasuk salah satu danau terdalam di dunia. Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir, yang hampir sebesar negara Singapura dan merupakan salah satu destinasi wisata utama.

Danau ini terbentuk sekitar 74.000 tahun yang lalu akibat letusan supervolcano yang sangat dahsyat, yang juga dikenal sebagai salah satu letusan vulkanik terbesar dalam sejarah bumi. Danau Toba menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal karena keindahan alamnya, sejarah geologisnya, dan budaya Batak yang kental di sekitarnya.

Namun, di balik kemegahan Danau Toba ada fakta menarik yang belum diketahui banyak orang. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (3/9/2024).

1. Lembah Bakkara

Tempat ini dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba. 

Lembah Bakkara adalah tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII, Pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu berperang melawan penjajahan Belanda. Bakkara terkenal dengan Aek Sipangolu (air yang menghidupkan). Konon menurut cerita, jika seseorang terkena jenis penyakit dan berendam atau meminum air dari Aek Sipangolu maka dia akan sembuh. Aek Sipangolu adalah sumber air yang keluar dari batu dan mengalir sepanjang masa, airnya segar dan jernih dan bermuara di Danau Toba.

2. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Sapo Juma merupakan penginapan di pinggir Danau Toba. Suasana di sini sangat tenang. Wisatawan dapat bersantai sambil menikmati kecantikan Danau Toba. Belakangan nama Sapo Juma cukup viral di media sosial. Hal ini tak lepas dari keberadaan bunga-bunga cantik di area Sapo Juma. Tak sedikit pengunjung yang berfoto-foto di lokasi kebun bunga Sapo Juma. Di antara bunga-bunga yang tumbuh bermekaran, sudah ada jalan setapak. Jadi Anda bisa menikmati bunga dalam jarak dekat dan berswafoto tanpa merusak tanaman yang ada.

3. Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Tempat ini memiliki panorama keindahan alam Tanah Pakpak, jauh dari polusi udara. Puncak Sidiangkat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikunjungi saat berada di Kabupaten Dairi sekitaran Danau Toba. Daya tarik yang ditawarkan Puncak Sidiangkat yaitu spot foto unik berupa sarang burung raksasa, sedangkan background di sekitar lokasi menyajikan keindahan alam dengan hijaunya pepohonan. Jika ingin bermalam dalam suasana yang sejuk dan asri ini, di sini juga ada hotel yang berada di puncak dikelilingi bebukitan dan view hutan lindung menghijau dengan hembusan udaranya dingin.

4. Miniatur Negeri Belanda

Hotel legendaris yang terletak di kota Parapat, tepat di pinggiran Danau Toba ini berbentuk semacam bungalow dan sering digunakan sebagai penginapan. Hotel tersebut bernama Inna Parapat. Hotel ini memiliki 3 restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional. Meskipun hotel ini tidak ada fasilitas kolam renang, namun Anda dapat bersantai di tepi danau yang berpasir putih serta melakukan kegiatan lain termasuk berenang dan berlayar menuju Pulau Samosir. Namun yang menjadi daya tarik dari hotel ini bukan itu saja. Di hotel ini terdapat area yang menyerupai suasana di Eropa, tepatnya Belanda, lengkap dengan kincir angin.

5. Pusuk Buhit, Samosir

Samosir menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Pusuk Buhit sebenarnya adalah gunung berapi aktif. Tingginya sekitar 1980 meter di atas permukaan laut. Gunung ini dikelilingi oleh beberapa desa, seperti Sianjur Mula-Mula, Samosir, dan Pangururan. Saat ini, Pusuk Buhit menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara karena Pusuk Buhit terkenal dengan cerita urban. Menurut mitos Batak, Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Suku Batak atau asal mula Suku Batak. Penduduk setempat percaya Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Raja Batak. Aktivitas yang dapat dilakukan di Pusuk Buhit adalah mengunjungi Tower Tele. Tower ini menjadi spot sempurna untuk menyaksikan pemandangan keindahan Danau Toba. Ada tempat menarik lainnya di dekatnya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan masih banyak lagi.

6. Pantai Paropo

Jika ingin merasakan sensasi menginap di Ranu Kumbolo, tempat yang satu ini bisa dikunjungi. Paropo adalah salah satu Desa yang memiliki keindahan alam berada di Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi,  Sumatera Utara. Selain untuk tempat berkemah, Paropo merupakan lokasi yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Tentunya Anda harus mempersiapkan alat pancing sendiri dari rumah.

Topik Menarik