6 Bangunan Bersejarah di Indonesia, Ternyata Arsitekturnya Bung Karno

6 Bangunan Bersejarah di Indonesia, Ternyata Arsitekturnya Bung Karno

Travel | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:39
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak peninggalan pembangunan Soekarno yang bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Ya, selama ini masyarakat Indonesia mengenal Ir. Soekarno atau Bung Karno sebagai presiden pertama di Indonesia.

Padahal, selain memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia, Bung Karno juga dikenal sebagai arsitek atau perancang bangunan yang andal lho! Hal ini dibuktikan dari banyaknya bangunan bersejarah di Indonesia yang lahir berkat inisiasi Bung Karno.

Sebelum memulai karier sebagai arsitek, Bung Karno merupakan insinyur muda lulusan Technische Hogeschool, atau saat ini dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung (ITB).

Setelah lulus, Bung Karno bersama temannya mendirikan biro arsitek. Selama menjadi arsitek, Bung Karno telah membangun banyak bangunan di Kota Bandung, Jawa Barat. Selain bangunan rumah tinggal, Bung Karno juga menjadi inisiator dan berkontribusi dalam pembangunan berbagai bangunan bersejarah di Indonesia.

Bahkan, beberapa bangunan bersejarah yang diinisiasi oleh Bung Karno masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik hingga saat ini. Lantas, apa saja bangunan bersejarah yang lahir berkat ide-ide kreatif dari Bung Karno? Berikut di antaranya, melansir dari laman Kemenparekraf RI.

1. Patung Pancoran

Jika melintasi kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Anda pastinya tak asing dengan patung laki-laki berotot kekar dengan tangan terulur ke depan, yang dinamakan Patung Dirgantara atau lebih populer dengan sebutan Patung Pancoran. Sesuai namanya, patung ini berkaitan erat dengan visi Presiden Ir Soekarno mengenai dunia kedirgantaraan Indonesia. Sebagai inisiator, Bung Karno meminta tolong pematung andal asli Yogyakarta, Edhi Sunarso, untuk membuat Patung Dirgantara sebagai bentuk penghormatan kepada penerbang Indonesia. Proses pembuatan Patung Pancoran ini berlangsung dari 1964 hingga 1965. Sebagai bentuk keseriusan, kabarnya seluruh biaya pembuatan patung berasal dari kantong pribadi Bung Karno.

2. Gedung Koperasi Pegawai Negeri RI

Selanjutnya, Bung Karno juga terlibat dalam pembuatan Gedung Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia (GKPRI) bersama dengan rekannya, Ir Roosseno. Bangunan yang berlokasi di Jalan Lengkong, Bandung, Jawa Barat ini dibangun sejak 1940. Hanya saja, saat ini sebagian bangunan GKPRI dialihfungsikan menjadi Hotel Lengkong. Meski sudah pernah direnovasi, gaya arsitektur bangunan Hotel Lengkong masih menjaga keasliannya. Satu ciri khas yang tidak pernah diubah adalah pilar-pilar penyangga berukuran besar di dalamnya.

3. Masjid Istiqlal

Nama Masjid Istiqlal sudah sangat populer sebagai salah satu destinasi wisata religi umat muslim. Sayangnya, hanya sebagian orang yang mengetahui jika Presiden Ir Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta memiliki andil besar dalam keberadaan Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Pusat, yang dieksekusi dengan baik oleh arsitek kebanggaan Indonesia, Friedrich Silaban. Daya tarik Masjid Istiqlal tidak hanya desainnya yang megah saja. Tapi, juga bahan pembuatannya yang sepenuhnya menggunakan besi stainless.

Alasannya agar bangunan Masjid Istiqlal tetap kokoh, bahkan bisa bertahan hingga 3.000 tahun sesuai harapan Bung Karno. Menariknya lagi, pemilihan nama Istiqlal juga dicetuskan oleh Bung Karno, yang berarti Merdeka atau Kemerdekaan.

4. Patung Selamat Datang

Patung yang berada di tengah Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat ini turut menjadi bukti keterlibatan Ir Soekarno dalam menciptakan bangunan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Patung Selamat Datang menggambarkan pria dan wanita yang sedang melambaikan tangan layaknya sedang menyambut siapa saja yang datang ke Jakarta. Dibangunnya Patung Selamat Datang bertujuan menyambut peserta Asian Games ke-IV di Jakarta pada 1962. Saat itu, Bung Karno meminta dibuatkan patung yang menggambarkan keterbukaan bangsa Indonesia, dalam menyambut para atlet dari berbagai negara. Hal inilah yang akhirnya tercipta patung muda-mudi menyambut atlet dengan riang, sambil membawa bunga yang menyimbolkan persahabatan.

5. Grand Hotel Preanger

Hotel berbintang ini berlokasi di Jalan Naripan dan Jalan Tamblong. Konon, hotel yang sangat dekat dengan titik Nol Kilometer Kota Bandung ini awalnya merupakan toko roti yang mengalami kebangkrutan pada 1897. Akhirnya, seorang Belanda bernama W.H.C Van Deeterkom mengubah toko roti menjadi Hotel Thiem. Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada 1920, Hotel Thiem berganti nama menjadi Grand Hotel Preanger dan mengalami renovasi pada 1929. Menariknya, Bung Karno terlibat langsung dalam membantu proses renovasi tersebut bersama gurunya, C.P. Wolff Schoemaker.

6. Rumah Lenawati

Dari banyaknya rumah yang dibangun oleh Ir Soekarno, Rumah Lenawati merupakan salah satu bukti kecintaan Bung Karno terhadap subsektor arsitektur. Nama Lenawati berasal dari pemilik rumah karya buatan Presiden Pertama Indonesia ini. Awal mula kepemilikan rumah bersejarah ini dimulai sejak orang tua Lenawati yang membeli rumah-rumah karya Ir Soekarno secara langsung pada 1970. Meski sudah berdiri lebih dari 50 tahun, rumah asli buatan Bung Karno tersebut masih berdiri kokoh. Bahkan, pemilik rumah saat ini masih menjaga keasliannya, dan tidak berniat menjual karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Topik Menarik