Surya Paloh Sebut Masalah Tak Bisa Selesai dengan UU, Perlu Keteladanan

Surya Paloh Sebut Masalah Tak Bisa Selesai dengan UU, Perlu Keteladanan

Terkini | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 01:00
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, menegaskan bahwa permasalahan bangsa tidak dapat diselesaikan hanya dengan membuat undang-undang baru. Menurutnya, kunci utama untuk menyelesaikan masalah adalah keteladanan dari para pemimpin dan konsistensi antara ucapan dan perbuatan.

Dalam sambutannya di Kongres III Partai Nasdem yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (25/8/2024), Surya Paloh mengungkapkan bahwa rakyat membutuhkan suri teladan yang dapat mereka jadikan panutan. Ia menekankan pentingnya keselarasan antara apa yang dikatakan oleh para pemimpin dengan apa yang mereka lakukan.

"Obat yang paling mujarab saat ini, yang dibutuhkan rakyat adalah suri keteladanan. Jika kita menghadapi permasalahan, maka keteladanan dan konsistensi antara ucapan dan perbuatan adalah hal yang sangat diperlukan," ujar Surya Paloh.

Paloh juga mengkritik kecenderungan untuk terus-menerus menambah undang-undang sebagai solusi terhadap berbagai permasalahan. Menurutnya, pendekatan semacam itu hanya akan mendorong masyarakat untuk mencari cara untuk mensiasati undang-undang, bukannya mematuhi aturan yang ada.

"Tidak mungkin kita mengatasi permasalahan ini hanya dengan membuat tambahan undang-undang. Terus-menerus membuat undang-undang baru hanya akan membuat kita terjebak dalam upaya untuk mensiasatinya," kata Surya Paloh.

Lebih lanjut, mantan anggota MPR-RI itu menyoroti bahwa penyelesaian masalah bangsa memerlukan kesadaran kolektif dan upaya bersama dari semua elemen masyarakat. Ia menegaskan bahwa tidak ada satu partai, kelompok, atau golongan yang mampu menyelesaikan permasalahan bangsa sendirian.

"Tidak ada satu partai pun, satu kelompok pun, satu golongan pun yang mampu sendiri untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan berbangsa kita. Kita hanya mampu menyelesaikan permasalahan ini ketika kita bersama-sama," tutur Surya Paloh.

Topik Menarik