Viral Gunung di Jawa Timur untuk Kaum Mageran, Naik ke Puncaknya Tidak Perlu Mendaki

Viral Gunung di Jawa Timur untuk Kaum Mageran, Naik ke Puncaknya Tidak Perlu Mendaki

Travel | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 19:55
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar wisata alam, terutama pegunungan, wajib singgah ke Kediri, Jawa Timur. Ya, Anda harus singgah ke Kediri untuk menikmati pemandangan cantik Gunung Kelud.

Gunung Kelud cocok dikunjungi oleh mereka yang suka pemandangan alam tapi malas gerak (mager) untuk mendaki ke puncaknya. Gunung ini belakangan viral usai video keindahan puncaknya di-posting oleh akun @budalrek.

Dalam video tersebut terlihat seorang pria sedang menikmati keindahan Gunung Kelud. Dalam caption-nya dia mengatakan, puncak Gunung Kelud bisa didaki dengan mudah.

Bahkan, bagi wisatawan kaum mageran, Gunung Kelud cocok untuk dikunjungi. Tanpa perlu mendaki, Anda bisa langsung ke puncak kawahnya setelah sampai di area parkir. 

"View cantik tanpa perlu mendaki. Salah satu objek wisata kebanggaan Kediri yang lokasinya sekitar 1 jam ke arah timur dari Kota Kediri. Begitu sampe di area parkir, kalian bisa jalan kaki atau naek gojek buat sampe ke puncak kawahnya. Sesimple itu kawan," kata akun @budalrek dikutip Rabu (21/8/2024).

Keindahan Gunung Kelud mendapatkan pujian dari banyak netizen. Gunung ini juga sangat populer di kalangan wisatawan.

"Kelud punya cerita," kata @qil***."

"Aku pernah naik gunung kelud, via ojek," ujar @el***.

"Gunung Kelud adalah saksi pengkhianatan cinta yang dilakukan oleh Dewi Kilisuci terhadap Lembu Suro," tutur mhm***.

Perlu diketahui Gunung Kelud merupakan gunung berapi di Jawa Timur yang tergolong aktif. Secara geografis letak gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, namun secara administratif, gunung ini adalah milik Pemerintah Kabupaten Kediri. 

Gunung Kelud memiliki pesona menakjubkan, terutama untuk kawahnya. Kawah Gunung Kelud memiliki warna hijau ruby dan menjadi daya tarik populer. Warna hijau air kawah tersebut berasal dari endapan gas gunung berapi aktif. Namun jika bagian puncak terjadi hujan lebat, warna air kawah berubah coklat.

Jarak untuk mencapai Gunung kelud dari Kediri sekitar 38,6 kilometer atau kurang lebih satu jam. Perjalanannya dapat melalui Jalan Kapten Tendean, Jalan Raya Ngreco, Jalan Raya Pagu, Jalan Raya Wates-Kediri, Jalan Tawes, Jalan Kelud, Jalan Wates Ngancar, Jalan Kediri Kelud, dan Jalan Gunung Kelud Blitar.

Dari loket, pengunjung dapat menyusuri jalan aspal menuju Gunung Kelud. Tiba di area parkir, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau naik ojek. Tarif ojek dari area parkir sepeda motor sekitar Rp30.000 pulang pergi dan tarif ojek dari area mobil atau sebelum area parkir motor Rp40.000 pulang pergi. Tiket masuk Gunung Kelud untuk dewasa Rp8.000 (weekday), Rp10.000 (weekend).

Topik Menarik