KM Samarinda Angkut 40 Orang Tenggelam di Perairan Anambas, 3 Tewas 1 Kritis

KM Samarinda Angkut 40 Orang Tenggelam di Perairan Anambas, 3 Tewas 1 Kritis

Berita Utama | inews | Jum'at, 26 Juli 2024 - 00:15
share

ANAMBAS, iNews.id - Kapal Motor (KM) Samarinda yang menngangkut 40 orang tenggelam di Perairan Matak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (26/7/2024). Tiga orang tewas dan 36 lainnya selamat dalam kecelekaan laut tersebut. Sedangkan satu orang kondisinya kritis. 

Identitas tiga korban tewas yakni, Siti Aisyah, Reva, dan Yurnalisa. Mereka merupakan warga Matak, Anambas.

Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal tersebut. Saat ini, tim SAR Gabungan dari Basarnas, Lanal Tarempa bersama unsur SAR TNI-Polri, BPBD Anambas dan sejumlah unsur lainnya masih berupaya melakukan penyelamatan korban. 

Kasubsie Siaga dan Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, Budiman mengatakan, KM Samarinda dilaporkan tenggelam sekitar pukul 17.20 WIB.  Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Tarempa menuju Pelabuhan Palmatak dengan membawa 40 orang dan enam sepeda motor. Mereka merupakan pekerja di Tarempa yang tinggal di Matak.

Kapal tersebut diperkirakan tenggelam karena tidak seimbang sebab penumpang kapal banyak yang naik ke atas atap atau palka kapal dan menyebabkan kapal terbalik dan tenggelam.

“Informasi kepada Pos SAR Anambas pada koordinat 3°17.167' N 106°14.124' E. Mendapat informasi tersebut personel Pos SAR Anambas langsung bergerak menuju Lokasi menggunakan RIB 02,” kata Budiman dalam keterangan resminya.

Dia mengatakan, SAR telah menggerahkan satu SRU menuju lokasi di Tarempa, Anambas untuk melakukan penyelamatan. "Hingga saat ini Pos SAR Anambas masih berfokus pada upaya penyelamatan" ucapnya.

Topik Menarik