BPK Ungkap Aset Pemkot Tangsel Senilai Rp2 Miliar Hilang, Ada Mobil Mewah

BPK Ungkap Aset Pemkot Tangsel Senilai Rp2 Miliar Hilang, Ada Mobil Mewah

Terkini | inews | Senin, 8 Juli 2024 - 21:41
share

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan sejumlah aset peralatan hingga kendaraan dinas Pemerintah Kota Tangerang Selatan tak diketahui keberadaannya. Secara keseluruhan, aset-aset itu bernilai Rp2,08 miliar.

Hal itu tertuang dalam temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas hasil laporan keuangan Kota Tangsel tahun 2023. Wartawan iNews.id telah mendapat izin dari BPK untuk mengutip isi LHP.

"Hasil pemeriksaan pada daftar aset menunjukkan terdapat 106 Aset Tetap Peralatan dan Mesin berupa kendaraan bermotor pada 11 perangkat daerah senilai Rp2.087.347.994,00 tidak dapat teridentifikasi sehingga masih belum diketahui keberadaannya," bunyi LHP itu, dikutip Senin (8/7/2024).

Dalam temuannya, BPK membeberkan 106 aset tetap peralatan dan kendaraan bermotor itu terdiri atas berbagai macam bentuk, seperti peralatan komputer, notebook, AC, hardisk, meja-kursi, genset, mesin pompa, hingga kendaraan dinas sepeda motor dan mobil.

Salah satu kendaraan itu adalah sedan mewah jenis Toyota Camry senilai Rp459.100.000. Sedan tersebut terdata pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Pariwisata.

Selain Camry, ada juga Daihatsu Terios yang tercatat di BKAD Tangsel. Toyota Innova di Sekretariat Daerah, Lalu ada Nissan Livina hingga mobil pikap.

Atas permasalahan itu, BPK merekomendasikan sejumlah poin pada Wali Kota Tangsel. Salah satunya meminta dinas terkait menelusuri aset yang belum diketahui keberadaannya.

Dikonfirmasi terpisah, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Tangsel belum mau menanggapi rekomendasi BPK itu.

Topik Menarik