ICRC Ungkap Jabatan Gubernur Jakarta 2024 Bisa Jadi Batu Loncatan untuk Pilpres 2029

ICRC Ungkap Jabatan Gubernur Jakarta 2024 Bisa Jadi Batu Loncatan untuk Pilpres 2029

Terkini | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 23:22
share

JAKARTA, iNews.id - Jabatan Gubernur Jakarta terus menjadi sorotan masyarakat. Dalam kontestasi Pilkada serentak 2024, siapa pun yang terpilih sebagai Gubernur Jakarta akan memiliki peluang besar untuk menjadi kandidat calon presiden (capres) pada 2029.

Direktur Eksekutif Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) Hadi Suprapto Rusli menyampaikan dengan karakteristik dan kebutuhan yang unik, Gubernur Jakarta memiliki posisi yang strategis untuk menjadi batu loncatan dalam karier politik.

Hadi memaparkan pendapatnya dalam Politics Reborn vol 1 bertajuk 'Siapa Layak Pimpin Jakarta?' yang digelar oleh Partai Perindo di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Menurut Hadi, meskipun status ibu kota telah pindah, Jakarta tetap menjadi barometer politik Indonesia. Hingga saat ini, Jakarta masih menjadi pusat pemerintahan dan provinsi yang paling mudah diakses oleh media massa.

"Ini adalah tangga bagi mereka yang akan menjadi Gubernur DKI Jakarta untuk menuju RI1. Siapa pun itu, jika berhasil membangun DKI Jakarta, maka pintu mereka untuk menjadi calon presiden 2029 akan terbuka," kata Hadi dalam paparannya.

Selain aspek politik, Hadi menjelaskan bahwa masyarakat Jakarta memiliki tingkat pendidikan dan pengetahuan yang cenderung lebih tinggi dibandingkan daerah lain di Indonesia.

"Alasan mereka memilih pemimpin juga akan berbeda dengan di daerah-daerah lain. Biasanya, di daerah lain, orang memilih karena calon kepala daerahnya merakyat, rajin blusukan, dan sebagainya. Tetapi tidak dengan DKI Jakarta," ujarnya.

Topik Menarik