Tambah Ultra Fast Charging, Toyota Bangun 115 Pengisian Daya di Indonesia

Tambah Ultra Fast Charging, Toyota Bangun 115 Pengisian Daya di Indonesia

Otomotif | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 19:51
share

JAKARTA, iNews.id — Memasuki era elektrifikasi, PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menambah fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di Indonesia. Terbaru, mereka memasang fasilitas ultra fast charging di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024). 

Raksasa otomotif Jepang tersebut kini memiliki spot ultra fast charging di empat titik publik area. Sebelumnya, fasilitas serupa dibangun di area publik ASHTA Jakarta, Rest Area KM 456A, dan Rest Area KM 695A. 

Selain di area publik, Toyota juga membangun charging spot di 111 dealer termasuk tiga yang menggunakan Ultra Fast Charger di cabang Toyota Semarang, Yogyakarta, dan Banda Aceh. Total Toyota saat ini memiliki 115 titik pengisian daya di seluruh Indonesia.

“Charging spot dibangun supaya pengguna BEV dan PHEV Toyota serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety atau rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan. Fasilitas charging spot di dealer resmi Toyota berusaha meng-cover pengguna di wilayah perkotaan, ditambah fasilitas serupa di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa untuk mobilitas antar kota, bersama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di mal besar Jakarta," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan persnya, Jumat (5/7/2024).

Dia menerangkan menjalankan Multi Pathway Strategy, Toyota menghadirkan opsi lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dalam upaya menuju netralitas karbon. Sebab itu, TAM juga menyediakan fasilitas charging spot di berbagai lokasi ramai lalu lintas sebagai pendukung mobilitas BEV dan PHEV.

Anton menuturkan lokasi jaringan dealer Toyota yang berada di lokasi strategis sebuah kota memudahkan konsumen mengakses fasilitas charging spot tanpa biaya. Saat ini, 111 charging spot di outlet Toyota, masing-masing 16 titik di Pulau Sumatera, 85 titik di Pulau Jawa, satu titik di Pulau Kalimantan, tujuh titik di Pulau Sulawesi, dan dua titik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Jumlah tersebut sudah mencakup 34 persen dari total 329 dealer Toyota di seluruh Indonesia.

Secara spesifikasi jenis spot charging yang dibangun Toyota mencakup AC Charger Type 2 berdaya 22 kW, DC Ultra Fast Charging (UFC) berdaya 120 kW dan 150kW, serta Ultra Fast Charging tipe CCS2, CHAdeMO.

“Charging spot ini memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV dan PHEV Toyota, serta Lexus sekaligus mendukung mobilitas pelanggan hingga ke berbagai wilayah, sehingga lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Topik Menarik