Desa di Sumut Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Punya Oksigen Terbaik!

Desa di Sumut Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Punya Oksigen Terbaik!

Travel | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 22:02
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Sumatera Utara sangat menarik untuk dijelajahi. Bahkan, Danau Toba menjadi destinasi paling ikonik di sini. 

Namun, di balik keindahan Danau Toba, ada satu desa yang dikenal sebagai penghasil oksigen di Sumatera Utara. Desa tersebut adalah Pulo Sibandang. 

Saking indahnya, Pulo Sibandang terpilih sebagai 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Desa Wisata Pulo Sibandang sebagai 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Kamis (4/7/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat di Desa Wisata Pulo Sibandang, Sumatera Utara (Sumut), dalam mengembangkan destinasi wisatanya. 

Dia mengatakan, Desa Wisata Kawasan Pulo Sibandang terbentuk dari kolaborasi tiga desa sekaligus yaitu Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran. 

“Ini adalah fenomena kebersamaan dan gotong royong yang menjadi keunggulan masyarakat di sini bisa bersatu membangun daerahnya,” ujar Sandiaga, dalam peresmian tersebut. 

“Dan ini menjadi inspirasi bagi seluruh wilayah nusantara, kita melakukan ini dalam rangka kolaborasi,” kata kata dia. 

Sandiaga juga menyampaikan, Desa Wisata Pulo Sibandang merupakan salah satu dari 16 geosite dari Toba Unesco Global Caldera Geopark. Desa wisata ini juga menjadi satu-satunya desa wisata di Sumatera Utara yang lolos dari 321 Desa Wisata yang mendaftar. 

Dia berharap, Desa Wisata Pulo Sibandang mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai World Class Tourism Destination yang berdaya saing global, berkelanjutan, serta mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. 

“Desa Wisata Sibandang ini bisa menjadi World Class Tourism Destination karena ini pabrik oksigennya pulau Sumatera Utara. Jadi bagi pencinta Danau Toba, harus datang ke Sibandang,” katanya.  

Desa Wisata Sibandang memiliki kekayaan alam yang masih alami, dikelilingi hamparan air biru Danau Toba yang sangat memanjakan mata wisatawan.

Wisatawan dapat langsung melihat suburnya tanah di Pulau Sibandang sebagai hasil letusan gunung Toba yang terakhir sehingga tanahnya subur untuk ditanami tanaman, seperti mangga udang, yaitu mangga khas Desa Wisata Pulau Sibandang.

Sandiaga pun berkesempatan menanam mangga udang. Selain mangga, terdapat pula hasil kebun lainnya, seperti alpukat, kopi, jagung, kakao kacang tanah, bawang merah, dan ubi-ubian.

PJ Bupati Tapanuli Utara, Dimposna Sihombing, turut menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Sandiaga atas arahan yang disampaikan dalam pengembangan Desa Wisata Pulo Sibandang. 

“Kami mengucapkan terima kasih. Memang Sibandang ini adalah penghasil oksigen. Semoga Pulo Sibandang ini juga bisa terus menginspirasi, semoga Tapanuli Utara, Pulo Sibandang bisa harum dan populer ke tingkat nasional,” katanya.

Topik Menarik