Putin: Rusia Bakal Kerahkan Rudal Jarak Menengah jika AS Juga Melakukannya

Putin: Rusia Bakal Kerahkan Rudal Jarak Menengah jika AS Juga Melakukannya

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 22:10
share

MOSKOW, iNews.id – Presiden Rusia Vladimir Putin memastikan negaranya telah telah memulai penelitian dan pengembangan rudal jarak menengah baru. Moskow pun menurutnya siap untuk memproduksinya.

Akan tetapi, kata dia, Rusia tidak akan mengerahkan rudal apa pun kecuali Amerika Serikat melakukan hal semacam itu. Menurut dia, Rusia hanya akan meniru tindakan Washington, alih-alih memulai tindakan lebih dulu.

Dia mengatakan, Rusia siap untuk membahas masalah stabilitas strategis dengan AS. Akan tetapi, Moskow juga mesti menunggu pemerintahan baru di Washington DC untuk memahami sikap mereka.

“Kami harus menunggu pemilu AS dan memahami suasana hati serta kecenderungan pemerintahan masa depan. Kami siap untuk (berdialog dengan AS) itu,” ujar Putin pada Kamis (4/7/2024).

Pemilihan Presiden AS 2024 dijadwalkan berlangsung pada November nanti. Kompetisi demokrasi itu diprediksi menjadi ajang tarung ulang antara Presiden petahana Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump. Putin mengatakan, tidak mungkin bagi Rusia membahas dialog konstruktif dengan AS sebelum pilpres di negeri Paman Sam selesai.

Pemimpin Rusia itu juga mengingatkan, Moskow telah merumuskan proposal keamanannya, dan menambahkan bahwa proposal tersebut juga harus diiringi dengan “iktikad baik” dari negara-negara lain.

Topik Menarik