6 Desa di Banjarnegara Sangat Menakjubkan, Suasananya Sejuk Dikelilingi Kebun Sayur

6 Desa di Banjarnegara Sangat Menakjubkan, Suasananya Sejuk Dikelilingi Kebun Sayur

Travel | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 13:55
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Banjarnegara, Jawa Tengah sangat menarik untuk dijelajahi. Ya, Banjarnegara menyimpan banyak destinasi wisata alam menakjubkan, seperti pegunungan, kawah, telaga, waduk, dan sebagainya. 

Salah satu yang terkenal adalah Kawah Sileri Dieng. Banjarnegara memang kaya dengan wisata kawah, salah satu yang populer adalah Kawah Sileri. Kawah ini sudah pernah meletus beberapa kali, yaitu di tahun 1944, 1964, 2003, 2009, dan 2018. 

Selain kawah ada pula Dieng Plateu. Tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Dieng Plateu saat berada di Banjarnegara. Tempat ini sangat populer dan berdekatan dengan wisata kawasan kawah Sikidang di Kota Banjarnegara

Masih banyak destinasi menakjubkan lainnya di Banjarnegara yang akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama. Nmaun, di balik keindahan destinasi tersebut ada beberapa desa yang tersembunyi di Banjarnegara yang harus Anda kunjungi.

Penasaran, di mana saja desa-desa menakjubkan di Banjarnegara yang bisa dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (4/7/2024).

1. Desa Dieng Kulon

Desa ini terletak di dataran tinggi, dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk. Dari desa ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit di Bukit Sikunir yang sangat memukau. Desa ini juga dikenal dengan pertanian kentang dan sayuran yang tumbuh subur. Desa Dieng Kulon berlokasi di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

2. Desa Kalilunjar

Dikelilingi oleh hutan dan perbukitan, Desa Kalilunjar memiliki suasana perdesaan yang asri dengan aliran sungai yang jernih. Desa ini juga dikenal dengan kebun teh yang hijau. Berada di sini Anda bisa menikmati keindahan Curug Pitu. Desa Kalilunjar berada di Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

3. Desa Giritirta

Satu lagi desa yang harus dikunjungi saat Anda berada di Banjarnegara. Desa bernama Giritirta ini dikelilingi oleh hutan pinus yang rimbun dan udara segar. Suasana yang tenang dan damai menjadikan desa ini tempat yang cocok untuk relaksasi. Ketika berada di desa ini Anda bisa menikmati keindahan Curug Mrawu. Desa Giritirta berlokasi di Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

4. Desa Pesangkalan

Desa ini dikenal dengan lanskap yang indah dan air terjun yang megah. Desa Pesangkalan menawarkan suasana menenangkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Berada di sini jangan lewatkan untuk singgah menikmati Curug Sirawe. Desa Pesangkalan berlokasi di Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

5. Desa Karangsalam

Desa ini terkenal dengan sawah terasering yang hijau dan aktivitas pertanian tradisional. Pengunjung bisa merasakan kehidupan perdesaan yang autentik dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Desa ini berlokasi di Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Desa Paweden

Desa ini dihiasi oleh kebun bunga anggrek yang cantik. Suasana yang sejuk dan aroma bunga anggrek yang wangi menjadikan desa ini tempat yang ideal untuk beristirahat. Berada di sini, Anda bisa singgah menjelajahi Kampung Anggrek. Desa Paweden berlokasi di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Itulah deretan desa menakjubkan di Banjarnegara yang harus dikunjungi. Setiap desa menawarkan keindahan alam yang unik dan pengalaman budaya yang berbeda, menjadikannya destinasi yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia. Selamat berkunjung!

Topik Menarik