Kemenkes Tegaskan Tak Terkait Pemecatan Dekan FK Unair Budi Santoso

Kemenkes Tegaskan Tak Terkait Pemecatan Dekan FK Unair Budi Santoso

Berita Utama | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 14:00
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menepis tudingan yang menyebutkan ikut mengintervensi Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih untuk memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran Budi Santoso. Budi sebelumnya viral karena mengkritik wacana dokter asing masuk ke Indonesia.

"Informasi yang mengatakan bahwa Menteri Kesehatan mengontak Rektor Universitas Airlangga untuk meminta memberhentikan Dekan Fakultas Kedokteran merupakan fitnah dan hoaks," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Kamis (4/7/2024).

Syahril juga mengklarifikasi beberapa hal terkait kabar pemecatan Dekan FK Unair Prof Budi Santoso. Pertama, Kemenkes tidak membawahi Unair dan tidak memiliki wewenang mengatur Unair.

Lalu, informasi yang beredar terkait program naturalisasi dokter asing, menurut Syahril, seolah-olah Kemenkes akan mendatangkan 6.000 dokter asing merupakan kabar hoaks juga.

"Dokter asing yang dihadirkan Kemenkes dan mendapatkan publikasi luas adalah tim dari Arab Saudi yang bertugas di RS Adam Malik, Medan, Sumatra Utara, untuk melakukan operasi jantung kompleks untuk menyelamatkan nyawa 30 anak warga Sumatra Utara secara gratis," papar Syahril.

Kegiatan tersebut merupakan tindakan operasi  jantung untuk anak yang pertama kali dilakukan di Pulau Sumatra.

Syahril melanjutkan, selama ini anak yang mengalami gangguan jantung kompleks selalu dirujuk ke Jakarta, sehingga memberatkan keluarga secara finansial.

"Ini dikarenakan memang dokter spesialisnya tidak tersedia di sana," kata Syahril.

Syahril pun menyampaikan bahwa Kemenkes menyesalkan beberapa rekan sejawat, terutama di kota besar di Jawa, yang memprotes kehadiran tim dokter dari Arab Saudi tersebut. Padahal mereka hadir untuk menyelamatkan nyawa manusia, nyawa anak-anak Indonesia.

"Bukan untuk mengambil lahan para dokter-dokter tersebut ke depannya," katanya.

Topik Menarik