Sempat Diretas, KAI Commuter Pastikan Data Pengguna KRL Aman

Sempat Diretas, KAI Commuter Pastikan Data Pengguna KRL Aman

Ekonomi | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 15:18
share

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter menyebut bahwa database pengguna Commuter Line sempat menjadi korban peretasan oleh hacker. Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menyebut, atas kejadian tersebut pihaknya sudah mengambil langkah-langkah penanganan seperti pembatasan akses, baik jaringan publik maupun jaringan lokal.

"Hingga saat ini KAI Commuter bersama pihak-pihak terkait terus berkoordinasi dan melakukan investigasi mendalam untuk menelusuri dan menangani peretasan sistem tersebut," ujar Anne dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

Anne menambahkan, masyarakat juga tidak perlu khawatir dalam menggunakan seluruh aplikasi layanan yang dihadirkan oleh KAI Commuter, karena KAI Commuter memiliki manajemen keamanan informasi yang baik.

"Saat ini seluruh sistem operasional IT yang ada di lingkungan KAI Commuter juga masih berjalan dengan baik dan seluruh data base pelanggan aman," tuturnya.

Saat ini, KAI Commuter juga telah mengimplementasikan ISO 27001:2013 sebagai standarisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di KAI Commuter.

Standarisasi keamanan ini juga secara berkala dilakukan audit oleh auditor independen untuk memastikan keamanan dalam penerapannya.

KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan siber dalam penerapan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line dan akan mengusut tuntas atas kejahatan ini. Untuk langkah lebih lanjut KAI Commuter akan bekerja sama dengan pihak berwajib mengusut kasus tersebut.

Topik Menarik