Basuki Pahami Alasan Warga Marah Tolak Tapera: Saya Nyesel Betul

Basuki Pahami Alasan Warga Marah Tolak Tapera: Saya Nyesel Betul

Ekonomi | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 20:01
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengaku menyesal terhadap kritikan keras dan penolakan dari masyarakat terhadap kebijakan tabungan perumahan rakyat (Tapera). Adapun kritikan yang mengalir khususnya berasal dari kelas pekerja swasta dan pekerja mandiri karena adanya potongan tambahan untuk iuran Tapera.

Basuki mengungkapkan penyesalannya atas usaha yang telah dilakukan pemerintah, tapi ujung-ujungnya hanya menimbulkan kemarahan publik atas kebijakan Tapera.

"Jadi effort-nya, dengan kemarahan ini saya pikir saya nyesel betul, saya enggak legowo," ujar Basuki.

Basuki menambahkan, wajar sudah banyak pihak yang mendorong agar kebijakan Tapera ini diundur. Dia pun mengaku sejalan dengan usulan tersebut dan telah menyampaikan hal ini kepada menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

"Jadi kalo ada usulan, apalagi DPR misalnya minta untuk diundur, menurut saya (wajar), saya sudah kontak dengan ibu Menkeu juga, kita akan itu," tuturnya.

Basuki mengaku selama ini sudah ada program Fasilitas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang menggunakan dana APBN, selama 10 tahun terakhir sudah dialokasikan sebanyak Rp105 triliun, sedangkan program Tapera diperkirakan hanya mampu menghimpun dana Rp50 triliun selama 10 tahun.

"Menurut saya pribadi, kalau memang ini belum siap, kenapa kita harus tergesa-gesa?" ucapnya.

Topik Menarik