3 Tips Aman Berolahraga tanpa Khawatir Alami Henti Jantung 

3 Tips Aman Berolahraga tanpa Khawatir Alami Henti Jantung 

Berita Utama | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 13:41
share

JAKARTA, iNews.id - Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun di balik itu, olahraga justru bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kematian secara mendadak. 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal itu dikarenakan kondisi dan kemampuan tubuh yang tidak sesuai dengan bentuk olahraga yang dilakukan, sehingga menyebabkan henti jantung, seperti yang dialami oleh atlet muda asal China Zhang Zhi Jie. 

Dia adalah atlet badminton yang bertanding melawan Jepang dalam gelaran internasional yaitu Asia Junior Championship (AJC) 2024, yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Minggu (30/6/2024).

Spesialis kedokteran olahraga, Andi Kurniawan menjelaskan tips aman berolahraga tanpa khawatir alami henti jantung. Berikut ulasannya dirangkum melalui dokter olahraga Andi Kurniawan saat hadir menjadi narasumber di Morning Update hari ini Rabu (3/7/2024).

1. Lakukan Medical Check Up

"Jadi olahraga untuk sehat, jadi olahraga lah pertama kita harus melakukan medical check up kita tahu kondisi tubuh kita," kata dokter Andi.

2. Sesuai kemampuan

"Olahraga lah seusai dengan kemampuan kita dan kondisi kesehatan kita. Olahraga lah untuk diri kalian bukan untuk sosmed kalian," kata dokter Andi.

3. Berhenti saat Merasa Nyeri di Bagian Dada

"Biasanya ada nyeri dada terus kemudian tiba-tiba langsung jatuh dan dia langsung kolaps. Kalau misalnya henti jantung itu biasanya ada penyakit metabolisme atau penyakit penyertanya itu pasti ada penyebabnya," ujarnya.

Topik Menarik