2 Pelajar SMA asal Jateng Lolos Paskibraka Nasional, Siap Kibarkan Merah Putih di IKN

2 Pelajar SMA asal Jateng Lolos Paskibraka Nasional, Siap Kibarkan Merah Putih di IKN

Berita Utama | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 20:50
share

SEMARANG, iNews.id – Dua pelajar SMA asal Provinsi Jateng lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Kedua pelajar tersebut yakni, Akmal Faiz Ali Khadafi, siswa SMAN 4 Kota Semarang dan Glenys Lalita Aksari, siswi SMAN 1 Sampang, Kabupaten Cilacap.

Ketua Pokja (Kasubbid) Ideologi dan Wawasan Badan Kesbangpol Provinsi Jateng, Widi Nugroho mengatakan, kedua siswa SMA itu lolos seleksi setelah mengikuti berbagai tahap ujian meliputi keterampilan fisik, akademis, pengetahuan seputar Pancasila dan intelegiensia umum, psikotes, wawancara dan juga tes kesehatan.  

“Keduanya lolos dari empat nama wakil Jateng yang diusulkan jadi calon Paskibraka tingkat pusat, dua nama lain yang diusulkan adalah Raditya Ozela Pratama dan Farah Aulia,” kata Widi Nugroho, pada keterangan tertulisnya, Jumat (5/7/2024).  

Lolosnya Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksari sebagai calon cadangan Paskibraka pusat 2024 dari Jateng, sesuai dengan surat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) nomor 55/PE.00.04/06/2024/- terkait pemberitahuan hasil verifikasi calon Paskibraka tingkat pusat tahun 2024.

Widi mengatakan, pada pertengahan Juni nanti keduanya dijadwalkan menjalani pemusatan pelatihan di Cibubur, Jawa Barat. Terkait penugasan, nantinya bergantung evaluasi dari BPIP dan Sekretariat Negara, apakah bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN) atau di Istana Negara Jakarta.

"Di sana mereka akan dididik, diisolasi, terkait posisi mereka kita lihat nanti, pada saat upacara HUT ke-79 RI. Posisinya dilihat dari latihan kesehariannya selama diklat nasional," tuturnya.

Widi membeberkan, selain dua nama yang menjadi calon Paskibraka 2024, telah ditentukan juga 35 nama yang akan menjadi Paskibra tingkat Provinsi Jawa Tengah. Petugas pengibar bendera tingkat provinsi, rencananya akan mulai menjalani pemusatan pelatihan mulai 4 Agustus 2024, di Front One Kesambi, Siranda, Kota Semarang. Namun, menjelang hari tersebut, mereka akan menjalani bina fisik secara mandiri di tempat masing-masing.

"Mereka adalah calon terbaik mewakili keluarga, komunitas, sekolah dan daerah. Harapannya mereka dapat melaksanakan dengan baik dan mengibarkan Merah Putih di puncak tertinggi," kata Widi. 

Topik Menarik