Resep Steam Tofu Udang ala Restoran, Cara Buatnya Cuma 3 Langkah 

Resep Steam Tofu Udang ala Restoran, Cara Buatnya Cuma 3 Langkah 

Travel | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 23:01
share

JAKARTA, iNews.id - Musim hujan menyantap makanan berkuah bisa menjadi pilihan tepat. Ya, sudah diketahui, cuaca di beberapa wilayah di Indonesia mulai tak menentu. 

Hujan deras bahkan beberapa kali melanda sejumlah wilayah di Tanah Air. Saat hujan turun, momen paling nikmat ialah menyantap menu yang hangat gurih dan lezat. Tak perlu beli di restoran, Anda bisa membuat sendiri di rumah lho!

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah steam tofu udang. Menu ini merupakan perpaduan gurihnya udang dengan lembutnya tahu yang di-steam dengan bumbu. 

Cara membuatnya mudah dan bahannya sederhana. Penasaran, bagaimana resep dari steam tofu udang yang lezat dan hangat? Yuk simak resepnya dari akun Instagram, @firhanmci6, Selasa (2/7/2024).

Bahan:

1 1/2 pcs egg tofu
1 butir bawang putih iris

Bahan udang:

150 gr udang kupas
1 1/2 sdm putih telur
1 butir bawang putih
1/4 ruas jari jahe (dikit aja)
1/2 sdt garam
1/2 sdt penyedap
1 sdt gula
1/2 sdt minyak wijen

Bahan kuah:

100 ml air
2 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1/2 sdm minyak wijen
2 sdt gula
1/4 sdt lada
1/2 sdt garam

Langkah membuat:

1. Potong tofu dengan ukuran sedikit tebal agar tidak mudah hancur. Bolongi bagian tengah tahu secara perlahan.
2. Bersihkan dan cincang udang hingga halus, sisihkan. Tambahkan jahe dan bawang putih yang sudah diparut, lalu tambahkan tepung, gula, minyak wijen dan garam, aduk rata
3. Isi bagian tofu yang sudah dilubangi dengan daging udang. Lalu buat saus siram, campurkan semua bahan kuah ke dalam wadah dan tambahkan air. Siram ke tofu dan daging udang lalu kukus hingga matang. Steam tofu udang siap disajikan saat panas.

Topik Menarik