Parenting Zaskia Mecca Ajarkan Anak Shalat Dikritik Netizen, Ternyata Ini Alasannya!

Parenting Zaskia Mecca Ajarkan Anak Shalat Dikritik Netizen, Ternyata Ini Alasannya!

Gaya Hidup | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 22:44
share

JAKARTA, iNews.id - Setiap orang tua memiliki cara untuk mendidik anak-anak mereka, termasuk soal agama yang dianut. Sebagai seorang muslim Zaskia Adya Mecca pun berusaha untuk mencari cara memperkenalkan agama kepada anak-anaknya, salah satunya ibadah shalat. 

Zaskia menyoroti fenomena orang tua lebih sering menyampaikan konsekuensi buruk yang terjadi ketika tidak menjalankan perintah Allah. Dengan demikian yang terekam dibenak mereka adalah hal-hal menakutkan.

"Kalau kamu enggak salat nanti Allah marah. Kamu curi, nanti kamu masuk neraka. Begitu aja kerjaannya. Jadi yang kita tahu seramnya dahulu gitu," ujar Zaskia Mecca, dikutip dari @rumpi_gosip pada Selasa (2/7/2024).

Menurut istri Hanung Bramantyo itu, sebaiknya anak-anak diperkenalkan dengan cinta kasih Allah kepada hambanya, bukan malah sebaliknya. Jangan membuat anak menjadi terpaksa beribadah karena sebagai keharusan. Zaskia menekankan agar anak-anak merasa agama sebagai kebutuhan. 

"Pokoknya kita kenali sama Allah cinta kasih dulu. Kita kenalkan surga dulu dan kita pengin menanamkan kepada anak-anak agama sebagai kebutuhan, bukan agama sebagai keharusan," katanya.

Zaskia Adya Mecca pun menanamkan kepada anak-anaknya, ibadah shalat adalah salah satu cara berterima kasih kepada Tuhan. Ketika shalat, hati pun menjadi tenang sehingga shalat menjadi kebutuhan. 

"Nah, kalau sekarang aku nanemin ke anak bahwa, 'Nak, kita itu butuh salat. Allah itu enggak butuh kita salat, tapi kita yang butuh salat. Kenapa? Allah sudah kasih kita banyak. Dengan kita salat, itu bentuk terima kasih kita sama Allah. Dengan kita salat, kita hatinya bisa merasa tenang. Nah, gitu. Jadi yang kita tanamkan adalah agama sebagai kebutuhan, bukan keharusan," katanya. 

Namun,  cara Zaskia mengajarkan anak-anaknya untuk shalat justru menuai pro dan kontra dari netizen. Beberapa di antaranya merasa kurang setuju dengan opini Zaskia. 

Sebab mereka merasa shalat adalah ibadah wajib, bukan hanya karena kebutuhan sehingga anak-anak diwajibkan shalat meski terkesan harus memaksa.

"Tapi setauku untuk sampai tahap kepada kebutuhan harus melalui fase keterpaksaan dulu dan keharusan," kata netizen.

"Agama itu memang kebutuhan kak, tapi kalau masalah shalat itu adalah keharusan alias kewajiban. Jadi bukan butuh atau bukan sok rajin tapi shalat itu memang wajib," kata yang lainnya.

"Shalat adalah kewajiban bukan hanya kebutuhan," tulis @ak***

Topik Menarik