5 Kegiatan 1 Muharram di Masjid yang Bisa Jadi Inspirasi 

5 Kegiatan 1 Muharram di Masjid yang Bisa Jadi Inspirasi 

Gaya Hidup | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 21:20
share

JAKARTA, iNews.id - Kegiatan 1 Muharram di masjid berikut ini bisa jadi referensi. Bulan Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam agama Islam.  Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, 


الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ


Artinya: "Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya'ban," (HR Bukhari Muslim).

Mengingat 1 Muharram hanya datang setahun sekali, tak heran jika banyak umat Muslim berlomba mengadakan kegiatan positif di berbagai tempat, salah satunya di masjid untuk merayakan Tahun Baru Islam tersebut. 

Nah, bagi kamu yang sedang mencari inspirasi kegiatan, berikut iNews.id akan berikan informasi mengenai kegiatan 1 Muharram di masjid dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2024). 

Kegiatan 1 Muharram di Masjid

1. Mengadakan Lomba-lomba Islami

Tahun Baru Islam yang bisa dirayakan di masjid adalah mengadakan lomba-lomba Islami. Seperti lomba kaligrafi, lomba adzan, lomba da'i cilik, dan lain sebagainya. 

2. Doa Bersama 

Mengawali tahun baru Islam dapat dilakukan dengan cara doa bersama. Doa tersebut dapat dialamalkan badha sholat Maghrib bertepatan pada 1 Muharram. 

Mengutip Jami' Al Kabir karya Imam Suyuthi dan sedikit tambahan dari Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya, berikut lafal doa yang bisa diamalkan: 

اَللّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَاعَامٌ جَدْيُدٌ قَدْ أَقْبَل. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مَنَ الشْيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وِالْعَوْنَ عَلَى هَذه النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Arab Latin: Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwal. Wa haadzaa 'aamun jadiidun qad aqbal. Nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal'auna 'alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya."

3. Berdzikir

Salah satu kegiatan untuk merayakan tahun baru Islam di masjid adalah berdzikir. Dzikir termasuk bentuk ibadah yang dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Muslim. 

Sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an surat An Nisa ayat 103, Allah Subhanahu Wata'ala berfirman: 

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَوَةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَما وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأَنَنتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَوةَ إِنَّ الصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَبًا مَّوْقُوتًا

Artinya: "Maka, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya, salat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

4. Tadarus Al-Qur'an

Tadarus Al-Qur'an bersama-sama bisa jadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Islam di masjid. 

Menurut HM Mujab dalam buku Majalah Madrasatul Quran Times Edisi 1: Keutamaan Tadarus Al Quran, tadarus Al-Qur'an adalah kegiatan menyimak dan yang lain membaca. Hal ini dilakukan dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan Al-Qur'an. 

5. Tausiyah

Tak hanya tadarus Al-Qur'an, Tahun Baru Islam bisa dirayakan dengan tausiyah. Adapun, tausiyah hampir mirip seperti kultum atau kuliah tujuh menit. 

Materi tausiyah yang disampaikan dapat berupa perihal keagamaan. Seperti bertakwa kepada Allah, meneladani sifat Rasulullah, dan lain sebagainya. 

Demikian ulasan mengenai kegiatan 1 Muharram di masjid. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik