Bangga! Pempek Jadi Menu Seafood Terenak di Dunia Kalahkan Otoro Nigiri Sushi Jepang

Bangga! Pempek Jadi Menu Seafood Terenak di Dunia Kalahkan Otoro Nigiri Sushi Jepang

Travel | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 10:28
share

JAKARTA, iNews.id - Taste Atlas kembali merilis daftar makanan terenak di dunia, kali ini kategori menu seafood. Menariknya, pempek masuk dalam top 3 menu seafood terenak di dunia.

Ada sekitar 10 makanan yang masuk top 10 menu seafood terenak di dunia menurut Taste Atlas edisi Juli 2024. Berikut ulasannya dilansir Selasa (2/7/2024).

Masuknya pempek dalam daftar menu seafood terenak di dunia membuat masyarakat Indonesia bangga. Di kolom komentar, terpantau ada beberapa respons terkait penempatan pempek sebagai tiga teratas menu seafood terenak di dunia.

"Pempek (love)," kata @quies***.

"Bangga banget pempek masuk daftar seafood terenak di dunia, gak diragukan," ujar @sis***.

"Pempek bisa ngalahin sushi. Emang seenak itu pempek asli Palembang," kata @robe***.

Perlu diketahui, pempek adalah panganan yang dikenal secara global sebagai 'traditional Indonesian fish cake'. Menu ini terbuat dari ikan giling dan tapioka.

Asal-usul makanan ini berasal dari Palembang. Adapun sejarah pempek menceritakan seorang warga Palembang yang sudah tua. Dia bosan makan ikan yang pengolahannya digoreng atau dibakar, sampai suatu ketika dia menemukan cara untuk mengolah daging ikan yaitu dengan menggilingnya, lalu mencampurkannya dengan tepung tapioka. Campuran itu kemudian diaduk rata, setelah itu digoreng.

Tahu kalau rasa makanan itu enak, orang tua tersebut keliling kampung dengan sepeda, menjajakan 'kue ikan' itu di Palembang. Seiring berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dicoba saat pelesiran ke Palembang, hingga ditetapkan sebagai makanan tradisonal khas Palembang.

Pempek saat ini biasanya dikukus sebelum akhirnya digoreng. Cocolan pempek namanya cuko yang menambah nikmat camilan legendaris itu.

Selain pempek, ada juga ikan bakar yang masuk daftar menu seafood terenak di dunia menurut Taste Atlas edisi Juli 2024. Ikan bakar ada di urutan 49 dari Top 50 menu seafood terenak di dunia.  

Berikut daftar makanan seafood terenak di dunia versi taste atlas.

1. Camarones enchipotlados (Meksiko)
2. Kaisendon (Jepang)
3. Pempek (Indonesia)
4. Ameijoas a Bulhao Pato (Portugal)
5. Tekkadon (Jepang)
6. Otoro nigiri sushi (Jepang)
7. Loimulohi (Finlandia)
8. Chutoro nigiri sushi (Jepang)
9. Simiako garidaki (Yunani)
10. Peppered shrimps (Jamaika)

Topik Menarik