Hasil Copa America 2024: Ditahan 10 Pemain Chile, Kanada Lolos Perempat Final

Hasil Copa America 2024: Ditahan 10 Pemain Chile, Kanada Lolos Perempat Final

Olahraga | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 09:17
share

ORLANDO, iNews.id – Timnas Kanada lolos ke perempat final Copa America 2024. Mereka melaju meski pada partai terakhir Grup A ditahan Chile 0-0 di Inter & Co Stadium, Orlando, Amerika Serikat, Minggu (30/6/2024) pagi WIB.

Kanada tetap lolos ke babak perempat final Copa America 2024 sebagai runner up Grup A dengan koleksi empat poin dari tiga laga. Mereka menemani Argentina yang mengamankan status juara grup. Sementara Chile gigit jari karena gagal melenggang ke babak berikutnya usai finis di posisi ketiga.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan dalam tempo cepat di awal babak pertama. Kanada nyaris membuka papan skor pada menit sembilan lewat tandukan Jonathan David yang masih bisa ditepis Gabriel Arias.

Enam menit berselang gantian Chile yang mengancam lewat tendangan keras Eduardo Vargas. Akan tetapi, bola yang melengkung ke tiang jauh melambung tipis dari gawang.

Pada menit 27, La Roja -julukan Timnas Chile- kehilangan Gabriel Suazo yang diganjar kartu kuning kedua oleh wasit setelah melakukan pelanggaran keras kepada lawan. Alhasil, mereka melanjutkan permainan dengan 10 pemain saja.

Unggul jumlah pemain, Kanada semakin gencar melakukan serangan. Tim asuhan Jesse Marsch itu pun mendapat peluang emas pada menit 35 via sepakan Richie Laryea yang mampu dihalau Gabriel Arias.

Les Rouges -julukan Timnas Kanada- pun terus mengepung pertahanan Chile di menit-menit akhir babak pertama. Namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka tak kunjung menciptakan gol hingga turun minum.

Pada babak kedua, Kanada malah kesulitan untuk mengembangkan permainan. Mereka tak mampu membongkar pertahanan Chile yang tampil sangat solid meski kekuarangan satu pemain.

Di sisi lain, Chile malah bisa memberikan perlawanan di paruh kedua lewat serangan-serangan balik cepat yang mereka lancarkan. Bahkan, mereka hampir membobol gawang lawan pada menit 56 lewat tandukan Alexis Sanchez yang bisa diselamatkan oleh Maxime Crepeu.

Sepuluh menit kemudian, giliran Rodrigo Echeverria yang hampir membawa tim asuhan Sergio Santin itu unggul. Namun, tendangan jarak jauhnya lagi-lagi bisa diamankan oleh Crepeu.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, barulah Kanada bisa membombardir pertahanan Chile lagi lewat kombinasi serangan Alphonso Davies dan Jonathan David. Bahkan, mereka menorehkan gol pada menit 90+2 lewat Tani Oluwaseyi, tetapi gol itu dianulir oleh wasit karena dia berada dalam posisi offside saat menyambar umpan silang rekannya.

Pada akhirnya, tak ada gol tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Skor imbang tanpa gol mengakhiri pertandingan ini.

Berikut adalah susunan pemain Kanada vs Chile:

KANADA (4-5-1): Maxime Crepeu; Alistair Johnston, Moise Bombito, Derek Cornelius, Alphonso Davies; Jonathan Osorio, Stephen Eustaquio, Richie Laryea (Tajon Buchanan 76’), Jacob Shaffelburg (Liam Millar 65’), Jonathan David (Kamal Miller 90+5’); Cyle Larin (Tani Oluwaseyi 76’).

Cadangan: Dayne St. Clair, Luc de Fougerolles, Kamal Miller, Joel Waterman, Samuel Piette, Ismael Kone, Theo Bair, Jacen Russel-Rowe, Tajon Buchanan, Thomas Peter Wayne McGill, Ali Ahmed, Liam Millar, Mathieu Choniere, Tani Oluwaseyi, Kyle Hiebert.

Pelatih: Jesse Marsch

CHILE (4-5-1): Gabriel Arias; Mauricio Isla, Igor Lichnovsky, Gullermo Maripan, Gabriel Suazo; Marcelino Nunez (Erik Pulgar 46’), Rodrigo Echeverria (Cesar Perez 82’), Dario Osorio (Thomas Galdames 30’), Victor Davila (Ben Brereton Diaz 77’), Alexis Sanchez; Eduardo Vargas.

Cadangan: Thomas Galdames, Erick Pulgar, Marcos Bolados, Paulo Diaz, Cristian Zavala, Esteban Pavez, Maximilliano Guerrero, Matias Catalan, Ben Berereton Diaz, Brayan Cortes, Cesar Perez, Benjamin Kuscevic, Nicolas Fernandez.

Pelatih: Sergio Santin

Topik Menarik