Debat Capres dengan Donald Trump, Joe Biden Klaim Tentara AS Terbaik dalam Sejarah Dunia

Debat Capres dengan Donald Trump, Joe Biden Klaim Tentara AS Terbaik dalam Sejarah Dunia

Berita Utama | inews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 14:25
share

ATLANTA, iNews.id – Presiden Joe Biden mengklaim Amerika Serikat memiliki angkatan bersenjata terbaik dalam sejarah dunia. Menurut dia, tidak ada seorang pun yang berani mengganggu mereka. 

Hal itu disampaikan Biden dalam debat perdana kandidat Pilpres AS 2024 yang diselenggarakan CNN di Atlanta, Negara Bagian Georgia, Kamis (27/6/2024) malam waktu setempat. Dalam debat yang berlangsung 90 menit itu, Biden berhadapan dengan penantangnya, yaitu capres dari Partai Republik, Donald Trump. 

“Kita memiliki militer terbaik dalam sejarah dunia. Tak seorang pun ingin main-main dengan Amerika. Tak seorang pun,” ujarnya.

Trump sebelumnya mengungkit soal kisruh evakuasi massal pasukan AS dari Afghanistan yang terjadi pada tahun pertama kepresidenan Biden. Namun, Biden juga secara keliru mengatakan bahwa tidak ada tentara AS yang bertugas aktif di seluruh dunia yang tewas selama masa jabatannya sejauh ini. 

“Sebenarnya, saya satu-satunya presiden abad ini, dekade ini yang tidak memiliki satu pun tentara yang tewas di mana pun di dunia seperti yang dia (Trump) alami,” kata presiden ke-46 AS itu lagi.

Faktanya, 13 anggota militer AS tewas dalam serangan bom bunuh diri di Bandara Internasional Kabul pada 2021. Selain itu, tiga tentara AS tewas di pangkalan militer AS di Yordania dalam serangan pesawat tak berawak awal tahun ini. 

Tak hanya itu, dua anggota pasukan elite US Navy SEAL tewas saat mencegat senjata yang dikirim dari Iran ke Yaman di lepas pantai Somalia pada Januari tahun ini. Berikutnya, sedikitnya 13 personel militer AS lainnya tewas dalam kecelakaan udara di luar negeri pada 2023.

Trump dan Biden menjalani debat perdana untuk Pilpres 2024 pada Kamis (27/6/2024) malam waktu setempat atau Jumat (28/6/2024) pagi WIB. Debat selama 90 menit itu diselenggarakan oleh CNN di Atlanta, Negara Bagian Georgia.

Topik Menarik