Viral Youtuber Denmark Ajak Warga Perbaiki Jembatan di Wakatobi, Netizen: Real Gotong Toyong

Viral Youtuber Denmark Ajak Warga Perbaiki Jembatan di Wakatobi, Netizen: Real Gotong Toyong

Travel | inews | Kamis, 27 Juni 2024 - 16:33
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial youtuber asal Demark, Kristian Hansen memperbaiki jembatan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara pakai uang edsense YouTube dan donasi dari netizen. Pembangunan dilakukan dengan cara bergotong royong.

Aksinya itu viral setelah dibagikan akun Instagram @folkative. "... Dia berhasil mengumpulkan uang lebih dari Rp75 juta hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli bahan pembuatan jembatan ...," tulis akun tersebut
 
Diketahui, Wakatobi merupakan salah satu surga maritim di Tanah Air. Masyarakat yang tinggal di pulau tersebut dikenal dengan julukan ‘Manusia Laut’. 

Hampir sebagian besar masyarakat di Suku Bajo, Wakatobi tinggal di desa terapung alias rumah kayu yang dibangung di atas laut, dan saling terhubung dengan jembatan kayu.

Sayang, di balik pesona keindahan desa tersebut dan sumber daya alam yang melimpah, kenyamanan dan keselamatan masyarakat Suku Bajo terganggu dengan banyaknya jembatan dan atap rumah yang rusak.

Tak heran, warga di sana kerap ‘bawel’ dan tidak hentinya mengingatkan para wisatawan agar berhati-hati saat sedang berkunjung ke sana. Tidak terkecuali, saat Hansen berkunjung ke sana.

“Waktu saya pertama kali datang ke desa ini. Semua orang bilang, ‘Be Careful’. Dan akan saya kasih tahu kenapa,” ujar Hansen, dalam konten video yang dibagikan di akun Instagramnya, @thekristianhansen.

“Saya pergi ke pulau Wakatobi. Di Sulawesi Indonesia, untuk berkunjung ke Suku Bajo. Juga dikenal sebagai manusia laut. Yang menginspirasi James Cameron untuk film Avatar 2,” katanya.

Setelah mengetahui kondisi tempat tinggal dan lingkungan warga Suku Bajo tersebut, hati Hansen tergerak dan berinisiatif ingin memperbaiki kerusakan jembatan dan atap rumah di sana. 

Apalagi, jembatan rusak di sana sering membuat anak-anak hingga orangtua terjatuh hingga terluka. Hansen lalu mulai melakukan penggalangan dana dan sukses mengumpulkan hingga Rp75 juta untuk perbaikan jembatan dan atap rumah warga Suku Bajo di Wakatobi.

Hansen berhasil mengajak warga di sana untuk bergotong royong memperbaiki sejumlah jembatan dan beberapa atap rumah warga yang sudah rusak.

“Mereka tinggal di desa terapung. Dan bagi mereka lautan adalah segalanya. Karena ikan adalah makanan utama dan sumber pendapatan mereka. Tapi jembatan mereka sudah berusia lebih dari 10 tahun. Terkadang, anak-anak dan orangtua jatuh dan terluka,” ujarnya.

“Jadi kami mengumpulkan dana 75 juta untuk membantu mereka dan penduduk setempat setuju untuk gotong royong. Jadi kami membeli kayu sebanyak mungkin. Dan dari kekuatan gotong royong, saling membantu satu sama lain, kami membangun kembali jembatan mereka, dan memasang atap baru. Untuk satu keluarga yang nggak ada atap rumahnya,” kata Hensen.

Dia mengaku merasa puas dengan aksinya itu. Menurutnya, bantuan sesederhana apapun bisa memberikan dampak besar bagi mereka yang membutuhkan. Dia turut mengapresiasi para donatur yang telah turut andil mendukung aksi mulianya.

Tercatat, ada sekitar 300 lebih donatur dari seluruh dunia yang mendukung aksi Hansen untuk mengumpulkan dana perbaikan jembatan rusak di Wakatobi tersebut. Dia memastikan, Wakatobi merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang wajib dikunjungi karena memberikan pengalaman wisata yang ‘memorable’.

“Terkadang sedikit bantuan, bisa membuat perbedaan besar. Jadi terima kasih kepada 300 orang lebih dari seluruh dunia, yang sudah membantu kami mewujudkannya. Tempat ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Saya menjamin, pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan,” ungkapnya.

Aksi Hansen lantas viral dan banjir pujian dari warganet, khususnya dari Indonesia. 

“Terima kasih banyak,” ujar Syamsir Alam.

“Konten yang begini yang harusnya kita sukai,” timpal @aw****

“Suwun Mister,” timpal @av****

“Bule with the real gotong royong value,” kata @fs****

"Thank you Christian Hansen! Tuhan memberkati setiap kebaikan yg kamu lakukaan untuk Indonesia ????????," kata @elizabeth***.

"Masyaa Allah.. keren.. andaikan yutuber2 +62 juga melakukan hal yang sama..," ujar @mr_ian***.

"Pemerintah setempat ga malu kah?," kata @ryo***.

"Sangat mulia, patut dijadikan contoh oleh pemerintah," ujar @ngurahrai***.

"Dia viral di indonesia dapet adsensebtrs dipake buat warga indo keren banget ????," kata @s.alda***.

"Pemerintah : wah harusnya minta izin dulu ke kita kalau mau perbaiki jembatan????," ujar @rapal***.

Topik Menarik