Klinik Mata KMU Hadirkan Teknologi Phacoemulsifikasi, Operasi  Katarak tanpa jahitan

Klinik Mata KMU Hadirkan Teknologi Phacoemulsifikasi, Operasi Katarak tanpa jahitan

Gaya Hidup | gresik.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 21:40
share

iNewsGresik.id- Perkembangan teknologi di berbagai bidang, termasuk kesehatan mata, telah memberikan harapan baru bagi penderita katarak.

Salah satu inovasi terbaru adalah Operasi Katarak Premium, yang tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan katarak, tetapi juga mampu memperbaiki kelainan refraksi seperti minus, silinder, dan plus.

"Operasi Katarak Premium ini menggunakan teknologi Phacoemulsifikasi, yaitu operasi tanpa jahitan, dengan tambahan lensa premium yang disesuaikan dengan kebutuhan refraksi pasien," jelas Direktur Rumah Sakit & Klinik Mata KMU, dr. Uyik Unari, SpM(K).

dr. Uyik menambahkan, dalam operasi ini, dokter mata akan menghilangkan katarak, yaitu lensa mata yang mengalami kekeruhan, dan menggantinya dengan lensa yang disesuaikan dengan kondisi pasien.

"Lensa ini disesuaikan dengan ukuran kacamata pasien, sehingga setelah operasi katarak, pasien juga bebas dari penggunaan kacamata," terang dokter yang berpraktik di Klinik Mata KMU Gresik ini.

Sebelum operasi, lanjutnya pasien menjalani pemeriksaan yang sangat detail, lebih lengkap dibandingkan dengan operasi katarak reguler.

Pemeriksaan tersebut meliputi USG mata yang mendalam, pengukuran kornea, hingga pengukuran tajam penglihatan.

"Semua teknologi pendukung ini tersedia di RS & Klinik Mata KMU yang tersebar di beberapa daerah, seperti Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Trenggalek, hingga Bangkalan, Madura," terang dr Uyik.

Masih kata dr Uyik, belum banyak rumah sakit dan klinik mata yang menyediakan Operasi Katarak Premium ini.

Oleh karena itu, banyak pasien dari luar kota yang datang berobat ke kliniknya, seperti Tulungagung, Bojonegoro, hingga Maluku untuk mendapatkan layanan ini.

Nizar bin Aid Ghalib, salah satu pasien asal Maluku. yang telah menjalani Operasi Katarak Premium mengatakan rela meluangkan waktu untuk datang ke Klinik Mata KMU Gresik demi mendapatkan penglihatan yang optimal.

"Saya sudah banyak mencari informasi, dan ternyata ada di KMU ini. Saya ingin cepat bebas dari kacamata, karena tidak percaya diri jika harus memakainya," jelas pria yang berprofesi sebagai pengusaha.

Sebelum memutuskan untuk datang ke Klinik Mata KMU, Nizar menjelaskan bahwa ia telah melakukan survei di beberapa rumah sakit dan klinik mata.

Ia merasa nyaman dengan penjelasan dari customer care Klinik Mata KMU, sehingga memutuskan untuk memilih klinik ini sebagai tempat untuk melakukan operasi katarak.

"Pelayanannya bukan hanya bagus, tetapi istimewa. Sempurna bagi saya!" ungkapnya.

Nizar juga menambahkan bahwa selama operasi katarak, ia tidak merasakan sakit sedikit pun, dan prosesnya sangat cepat, hanya sekitar 10 menit. Kini, penglihatannya telah kembali normal dan jelas.

"Saya seperti tidak pernah sakit sebelumnya!" tuturnya saat ditemui dalam sesi kontrol pasca operasi.

Topik Menarik