Keren! Siswa SLB Kemala Bhayangkari Gresik Belajar Membatik Budaya Khas Gresik

Keren! Siswa SLB Kemala Bhayangkari Gresik Belajar Membatik Budaya Khas Gresik

Terkini | gresik.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:50
share

iNewsGresik.id - Memperingati Hari Batik Nasional, puluhan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Kemala Bhayangkari di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengikuti pelatihan membatik bertemakan budaya khas Gresik. 

Pelatihan keterampilan membatik ini melibatkan sebanyak orang 10 siswa SLB Kemala Bhayangkari Gresik.  

Kegiatan yang diinisiasi SLB Kemala Bhayangkari dengan Dinas sosial Gresik ini, berlangsung selama 10 hari di halaman sekolah, Rabu (2/10).

Kegiatan membatik bertema kearifan lokal ini, menghadirkan pembimbing yakni para pengrajin batik lokal. Mereka mengajarkan teknik dan proses pembuatan batik. 

Para siswa antusias mengikuti pelatihan di antaranya menggambar motif, mencelup kain, dan teknik pewarnaan khas batik Indonesia.

Para siswa menuangkan kreativitas pada selembar kain-kain kecil untuk sapu tangan hingga kain yang lebih besar untuk taplak meja. 

Motif yang mereka buat terinspirasi dari budaya Gresik, seperti Damar Kurung, perahu nelayan, ikan bandeng, udang windu, hingga Tugu Kabupaten Gresik.

Salah satu siswa, Choirul Dwi Ramadhani menyanpaikan 
senang bisa belajar membatik, meskipun menghadapi berbagai kesulitan selama prosesnya. 

"Butuh kesabaran ekstra agar menghasilkan batik yang bagus," ujarnya.

Menurut Sri Rahayu, guru pembimbing, pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi antara SLB Kemala Bhayangkari dan Dinas Sosial Kabupaten Gresik. 

"Karya siswa yang penuh kreativitas rencananya akan dipamerkan di sekolah sebagai bentuk penghargaan terhadap budaya batik, " ujarnya. 

Kegiatan ini, lanjuthya diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan seni, serta meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui proses berkarya.

"Kegiatan ini juga bertujuan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkreasi dan sebagai bekal hidup mandiri, " pungkas Sri Rahayu. 

Topik Menarik