3 Alasan Mengejutkan Israel Diberi AS Donasi Senjata Miliaran Dolar Sejak Pendiriannya

3 Alasan Mengejutkan Israel Diberi AS Donasi Senjata Miliaran Dolar Sejak Pendiriannya

Global | sindonews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 14:01
share

Israel menjadi penerima utama bantuan luar negeri Amerika Serikat (AS). Sebagian besar dananya dialokasikan Negeri Paman Sam untuk kepentingan militer negara Yahudi tersebut.

Pengiriman bantuan AS itu masih terus berlanjut sampai sekarang. Hal ini tentunya memicu kritik dari dunia internasional mengingat aksi kejam dan brutal yang terus dilakukan Israel di Gaza.

Lalu, apa sebenarnya alasan AS terus memberikan donasi bernilai triliunan rupiah untuk keperluan militer Israel? Berikut ulasannya.

Alasan Mengejutkan Israel Diberi AS Donasi Senjata Miliaran Dolar

1. Kemitraan Abadi

Sejak pendirian Israel pada 1948, Amerika Serikat menjadi salah satu negara pertama yang mengakuinya. Tak hanya itu, Washington bahkan konsisten menjadi pendukung kuat Tel Aviv sampai sekarang.

Bentuk dukungan ini bukan sebatas politik, tetapi juga berupa bantuan dana. Nilai bantuan yang didapat Israel bahkan menjadi yang paling banyak di antara negara-negara lain yang juga menerima sumbangan dari AS.

Melihat ke belakang, Israel sudah menerima ratusan miliaran dolar dari Amerika Serikat sejak era pasca-Perang Dunia II.

Council Foreign Relations (Cfr) mencatat Tel Aviv sebagai penerima kumulatif terbesar bantuan luar negeri AS dengan nilai mencapai USD310 miliar.

Sementara untuk nilai bantuan per tahunnya berbeda-beda. Mengacu nota kesepahaman (MOU) terbaru yang disepakati AS beberapa waktu lalu, mereka setidaknya bakal memberikan Israel USD3,8 miliar per tahun hingga 2028 mendatang.

2. AS juga Mendapat Cuan dari Kebijakannya

Bantuan bernilai fantastis yang diberikan Amerika Serikat untuk israel ternyata bukan cuma-cuma. Pada kebijakannya itu, AS ikut ‘kecipratan’ keuntungan yang cukup signifikan.

Mengutip The Conversation, seorang sarjana studi Israel bernama Dov Waxman mengungkap bahwa bantuan dana dari AS tidak langsung sepenuhnya masuk kantong pemerintahan Israel.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar uang bantuan ini dialokasikan untuk membeli senjata yang tak lain adalah buatan Amerika juga.

Senjata-senjata Amerika yang dibeli Israel diproduksi di pabrik-pabrik AS. Artinya, uang bantuan tadi ujung-ujungnya juga mengalir kembali ke Amerika, bahkan berpotensi mencatatkan keuntungan tersendiri.

3. Israel Sekutu Strategis AS di Timur Tengah

Salah satu titik balik kepercayaan AS kepada Israel terjadi setelah kemenangan mereka dalam Perang Enam Hari tahun 1967.

Kemampuan Tel Aviv mengalahkan sekutu Soviet di kawasan tersebut membuat AS secara signifikan meningkatkan bantuan militernya karena menganggap Israel sebagai sekutu potensial.

Sejak saat itu, bantuan militer AS terus meningkat secara stabil selama bertahun-tahun. Benar saja, seiring waktu Israel yang kuat secara militer turut membantu AS melawan musuh-musuhnya di Timur Tengah.

Contohnya adalah saat melawan perluasan pengaruh Iran di kawasan Timur Tengah sekaligus memperlambat program nuklir Teheran. Bagi AS, Israel yang kuat secara militer dipandang penting untuk mencegah ekspansionisme Iran.

Jadi, sudut pandang AS menganggap Israel dapat membantunya mencapai tujuan strategis di kawasan Timur Tengah tanpa kehadirannya secara langsung.

Israel juga dianggap sebagai sekutu yang lebih dapat diandalkan dan tidak terlalu bermasalah dibandingkan sekutu lainnya di kawasan itu, seperti Mesir atau Arab Saudi.

Itulah beberapa alasan mengejutkan Israel diberi AS donasi senjata senilai miliaran dolar sejak pendiriannya.

Baca juga: Israel Gunakan Bom Fosfor Putih terhadap Pasukan PBB di Lebanon, 15 Tentara UNIFIL Terluka

Topik Menarik