Kisah Bos Hamas Yahya Sinwar, Lahir di Kamp Pengungsian dan Dipenjara Israel 23 Tahun

Kisah Bos Hamas Yahya Sinwar, Lahir di Kamp Pengungsian dan Dipenjara Israel 23 Tahun

Global | sindonews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:27
share

Yahya Sinwar, orang yang paling diburu Israel, dilaporkan tewas di Gaza. Operasi yang menyebabkan tewasnya Sinwar berlangsung pada hari Rabu (16/10/2024).

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, pada Kamis mengatakan Israel telah membunuh pemimpin Hamas tersebut dalam pesan yang dikirim kepada rekan-rekannya di seluruh dunia. Militer Israel juga mengonfirmasi pada hari Kamis bahwa Sinwar telah tewas.

Hamas kemudian mengonfirmasi pembunuhan tersebut.

Sebelumnya, militer Israel mengatakan sedang memeriksa kemungkinan pembunuhan itu melalui forensik dan pengujian DNA bahwa pemimpin Hamas tersebut "dihilangkan" selama operasi di Gaza.

Pria berusia 62 tahun itu menjadi pemimpin Hamas pada bulan Agustus, beberapa hari setelah pendahulunya Ismail Haniyeh tewas dalam serangan Israel yang dilakukan di Teheran.

Aktivis Mahasiswa yang Sering Masuk Penjara

Sinwar lahir di kamp pengungsi Khan Younis, di Gaza selatan, pada tahun 1962.

Orang tuanya dipindahkan secara paksa oleh milisi Zionis dari rumah mereka di Askhelon pada tahun 1948 selama Nakba (bencana), ketika 750.000 warga Palestina diusir dari rumah mereka.

Dia mengambil jurusan studi Arab di Universitas Islam Gaza, tempat ia pertama kali menyukai politik dan aktivisme mahasiswa.

Di universitas itulah, pada tahun 1982, dia ditangkap untuk pertama kalinya oleh otoritas Israel karena terlibat dalam aktivisme anti-pendudukan.

Dia ditangkap kembali tiga tahun kemudian, dan kemudian bertemu Ahmed Yassin, yang kemudian mendirikan Hamas. Yassin membawa Sinwar ke dalam lingkaran dalamnya.

Sinwar kemudian mendirikan Munazzamat al-Jihad w'al-Dawa, atau Majd, yang dibentuk untuk memburu para kolaborator Palestina dengan Israel. Organisasi ini menjadi aparat keamanan pertama Hamas yang baru dibentuk.

Pada tahun 1988, dia kembali ditangkap oleh pasukan Israel dan kali ini dijatuhi empat hukuman seumur hidup, setara dengan 426 tahun penjara.

Dia dituduh terlibat dalam penangkapan dan kematian dua tentara Israel dan empat tersangka mata-mata Palestina. Maka dimulailah masa hukumannya selama 23 tahun di penjara Israel.

Selama dipenjara, dia belajar bahasa Ibrani, sering membaca surat kabar Israel, dan mendalami politik dan budaya Israel. Dia mengatakan hal itu membantunya lebih memahami musuhnya.

Dia juga menulis novel berjudul The Thorn and the Carnation, yang terinspirasi dari pengalaman hidupnya sendiri saat tumbuh besar di Gaza.

Pada tahun 2011, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyetujui kesepakatan yang membebaskan 1.047 tahanan Palestina dengan imbalan Gilad Shalit, seorang tentara Israel yang diculik pada tahun 2006.

Sinwar adalah salah satu tahanan paling terkemuka yang dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan itu.

Naik ke Puncak Hamas

Dia dengan cepat naik pangkat di Hamas setelah dibebaskan, dan dalam waktu satu tahun terpilih menjadi biro politiknya.

Secara khusus, dia ditugaskan untuk berkoordinasi dengan Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas.

Sinwar sangat terlibat, baik secara politik maupun militer, dalam upaya Hamas selama perang tujuh pekan dengan Israel pada musim panas tahun 2014.

Beberapa bulan setelah perang itu, Amerika Serikat menambahkan Sinwar ke dalam daftar yang melabelinya sebagai "teroris global yang ditunjuk secara khusus".

Pada tahun 2017, dia menjadi pemimpin Hamas di Gaza, peran yang akan dipegangnya hingga beberapa bulan yang lalu.

Pada tahun 2017, dia mempelopori pembicaraan rekonsiliasi Hamas dengan Fatah dan Otoritas Palestina (PA) di bawah pengawasan Mesir, yang dengannya dia menjaga hubungan keamanan yang erat.

"(Sinwar) adalah pendukung kuat persatuan Palestina," ungkap Bassem Naim, pejabat Hamas, kepada Middle East Eye awal tahun ini.

Perlawanan Damai dan Bersenjata

Taktiknya mencakup tindakan tanpa kekerasan dan bersenjata.

Pada tahun 2018, dia memainkan peran utama dalam mengorganisasi protes damai "Great March of Return", yang menuntut diakhirinya pengepungan di Gaza dan hak untuk kembali bagi para pengungsi.

Aksi tersebut ditindak secara brutal oleh pasukan Israel, yang menewaskan 230 pengunjuk rasa.

Dia juga mempelopori Operasi Pedang Yerusalem, nama Hamas untuk operasinya sebagai respons atas pemboman Israel di Gaza antara tanggal 6 dan 21 Mei 2021.

Yang paling menonjol, dia dianggap sebagai arsitek Operasi Badai Al-Aqsa, nama kelompok Palestina untuk serangannya pada tanggal 7 Oktober 2023.

Serangan mendadak di Israel selatan menewaskan lebih dari 1.100 orang dan menangkap 250 orang lainnya yang dibawa ke Gaza.

Pasukan Israel sejak saat itu telah membunuh lebih dari 42.600 warga Palestina.

Selama perang, Sinwar tidak terlihat di depan umum.

Beberapa tawanan Israel yang kemudian dibebaskan mengatakan mereka melihat atau berbicara dengan Sinwar di terowongan.

Pada bulan Agustus, sepekan setelah pembunuhan kepala politik Hamas saat itu, Haniyeh, oleh Israel, Sinwar dipilih sebagai penggantinya.

Itu adalah langkah yang mengejutkan dan berani. Banyak yang mengharapkan Khaled Meshaal, yang bermarkas di Doha, untuk mengambil peran yang sebelumnya dipegangnya.

“Dengan menyatukan kepemimpinan militer dan politik dalam satu orang, dan sekuat Sinwar, Hamas mengirimkan pesan persatuan dan ketahanan," tegas Khaled Hroub, peneliti dan pakar Hamas, kepada MEE saat itu.

Langkah tersebut menunjukkan para pemimpin Hamas yang berbasis di Gaza, di bawah kepemimpinan Sinwar, terus tumbuh dalam kepentingan organisasi tersebut, sementara mereka yang berbasis di Doha dan luar negeri agak terpinggirkan.

Kenaikan jabatannya juga menunjukkan pentingnya hubungan Hamas dengan Iran.

Sinwar memiliki hubungan dekat dengan Teheran, tidak seperti Meshaal, yang hubungannya dengan Iran menjadi tegang setelah dia menjauhkan diri dari pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad setelah pecahnya perang saudara Suriah.

Semua percakapan ini kemungkinan harus terjadi lagi di antara hierarki Hamas, saat mereka memilih pemimpin baru lainnya.

Baca juga: Israel Gunakan Bom Fosfor Putih terhadap Pasukan PBB di Lebanon, 15 Tentara UNIFIL Terluka

Topik Menarik