Rudal Apa yang Ditembakkan Iran ke Israel?

Rudal Apa yang Ditembakkan Iran ke Israel?

Berita Utama | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 01:00
share

Analis mengatakan serangan Iran ke Israel tampaknya menggunakan rudal Fattah-1 dan Kheybarshekan – keduanya dilaporkan memiliki jangkauan 1.400 km.

Iran mengatakan keduanya memiliki hulu ledak "bermanuver" yang membuat pertahanan lebih sulit, dan menggunakan bahan bakar padat yang berarti dapat diluncurkan dengan sedikit peringatan.

"Persiapan peluncuran yang lebih singkat berarti rudal-rudal itu tiba sekaligus untuk lebih menekan pertahanan … Mereka dapat menyerang dengan akurasi yang lebih baik untuk benar-benar mengenai target setelah mereka lewat," kata Jeffrey Lewis, seorang direktur di Middlebury Institute of International Studies di California, dilansir Al Jazeera.

Beberapa rudal Fattah-1 digunakan dalam serangan April, yang sebagian besar dikalahkan oleh pertahanan AS dan Israel. Tetapi sebagian besar adalah rudal balistik Emad berbahan bakar cair, yang dilaporkan memiliki tingkat kegagalan 50 persen, kata Lewis, dan hanya cukup akurasi untuk mengenai target dengan diameter lebih dari 1 km.

Baca Juga: Bukan Warga Israel yang Tewas Akibat Serangan Rudal Iran, tapi Justru 1 Penduduk Palestina

Sebaliknya, Iran mengatakan rudal balistiknya yang lebih canggih memiliki "kemungkinan kesalahan melingkar" sekitar 20 meter [66 kaki], yang berarti setengah dari semua rudal yang ditembakkan akan mendarat dalam jarak 20 meter dari targetnya. Rudal tersebut adalah "rudal balistik Iran yang paling canggih yang mampu mencapai Israel", kata Fabian Hinz, seorang peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis.

Sementara itu, Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan Israel akan "menghadapi reaksi yang lebih keras" jika tidak menghentikan apa yang disebutnya sebagai "kejahatannya".

Pezeshkian menyampaikan komentar tersebut saat ia berangkat untuk perjalanan yang dijadwalkan ke Qatar. Ia mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa tujuan pertama di Doha adalah untuk membahas hubungan bilateral dan menandatangani perjanjian dengan pemerintah Qatar. Ia juga akan menghadiri pertemuan puncak Dialog Kerja Sama Asia.

"Tujuan kedua adalah untuk membahas bagaimana negara-negara Asia dapat mencegah kejahatan Israel di wilayah tersebut ... dan mencegah musuh menyebabkan [keributan] di Timur Tengah," kata Pezeshkian.

Topik Menarik