Serangan Udara Israel Tewaskan 492 Orang di Lebanon, Serang 1.300 Target Hizbullah

Serangan Udara Israel Tewaskan 492 Orang di Lebanon, Serang 1.300 Target Hizbullah

Global | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 10:34
share

BEIRUT - Setidaknya 492 orang tewas dalam serangan udara Israel yang intens dan luas yang menargetkan Hizbullah di Lebanon. Kementerian kesehatan negara itu mengatakan serangan ini menjadi konflik paling mematikan di sana dalam hampir 20 tahun.

Ribuan keluarga telah meninggalkan rumah mereka saat militer Israel mengatakan telah menyerang 1.300 target Hizbullah dalam operasi untuk menghancurkan infrastruktur yang telah dibangun kelompok bersenjata itu sejak perang 2006.

Sementara itu, Hizbullah meluncurkan lebih dari 200 roket ke Israel utara. Paramedis mengatakan dua orang terluka oleh pecahan peluru.

Kekuatan dunia telah mendesak pengekangan karena kedua belah pihak tampaknya semakin dekat ke arah perang habis-habisan. Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan 35 anak-anak dan 58 wanita termasuk di antara yang tewas, sementara 1.645 lainnya terluka.

Tidak dilaporkan berapa banyak korban yang merupakan warga sipil atau kombatan. Pertempuran lintas batas selama hampir setahun antara Israel dan Hizbullah yang dipicu oleh perang di Gaza telah menewaskan ratusan orang, sebagian besar dari mereka adalah pejuang Hizbullah, dan membuat puluhan ribu orang mengungsi di kedua sisi perbatasan. Hizbullah mengatakan pihaknya bertindak untuk mendukung Hamas dan tidak akan berhenti sampai ada gencatan senjata di Gaza. Kedua kelompok tersebut didukung oleh Iran dan dilarang sebagai organisasi teroris oleh Israel, Inggris, dan negara-negara lain.

Media Lebanon mengatakan gelombang pertama serangan udara Israel dimulai sekitar pukul 06:30 waktu setempat (03:30 GMT) pada Senin (23/9/2024).

 

“Mengerikan, rudal terbang di atas kepala kami. Kami terbangun karena suara bom, kami tidak menyangka ini,” kata seorang wanita.

Menurut Kantor Berita Nasional (NNA) milik pemerintah, puluhan kota, desa, dan area terbuka menjadi sasaran sepanjang hari di distrik Sidon, Marjayoun, Nabatieh, Bint Jbeil, Tyre, Jezzine, dan Zahrani di Lebanon selatan, serta distrik Zahle, Baalbek, dan Hermel di Lembah Bekaa timur.

Pada malam harinya, dilaporkan bahwa sebuah gedung di daerah Bir al-Abed di pinggiran selatan ibu kota, Beirut, terkena beberapa rudal.

Sumber keamanan Lebanon mengatakan serangan itu menargetkan komandan tertinggi Hizbullah di Lebanon selatan, Ali Karaki, tetapi tidak jelas apakah dia terbunuh. Kantor media Hizbullah mengatakan Karaki baik-baik saja dan telah pindah ke tempat yang aman.

Dari selatan ke Beirut, jalan-jalan macet karena orang-orang berusaha keras untuk pergi di tengah pemboman dan setelah menerima pesan audio dan teks dari militer Israel yang memperingatkan mereka untuk segera menjauh dari gedung-gedung tempat Hizbullah menyimpan senjata.

Topik Menarik