Bos CIA: Barat Tak Boleh Terintimidasi Ancaman Nuklir Vladimir Putin

Bos CIA: Barat Tak Boleh Terintimidasi Ancaman Nuklir Vladimir Putin

Global | sindonews | Minggu, 8 September 2024 - 09:24
share

Direktur Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat (AS) William Joseph Burns mengatakan para pemimpin Barat tidak boleh terintimidasi oleh ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin tentang eskalasi nuklir.

Komentar bos CIA itu disampaikan pada hari Sabtu, di tengah perdebatan tentang apakah rudal Storm Shadow Anglo-Prancis harus digunakan Ukraina untuk melakukan invasi balik lebih dalam ke wilayah Rusia.

Burns, dalam kunjungan ke London bersama kepala MI6 Inggris, mengatakan AS telah menepis ketakutan tentang ancaman serangan nuklir Rusia sebelumnya pada musim gugur 2022, yang menunjukkan bahwa ancaman dari Moskow tidak boleh selalu dianggap harfiah.

"Putin adalah pengganggu. Dia akan terus menggertak dari waktu ke waktu," kata Burns, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (8/9/2024).

Baca Juga: AS Mampu Hancurkan Seluruh Lokasi Peluncuran Nuklir Rusia dan China, tapi...

"Kita tidak boleh terintimidasi oleh gertakan itu, kita harus berhati-hati. AS telah memberikan dukungan yang sangat besar bagi Ukraina, dan saya yakin presiden akan mempertimbangkan cara lain di mana kita dapat mendukung mereka,” lanjut Buns.

Direktur CIA tersebut juga mengatakan AS tengah bekerja sangat keras untuk menyusun proposal baru untuk gencatan senjata di Gaza dengan “teks dan formula kreatif” baru.

Sebuah rencana baru, yang disusun dengan bantuan mediator dari Qatar dan Mesir, akan muncul—dia berharap rencana itu keluar dalam beberapa hari ke depan.

Namun, kata Burns, tidak jelas apakah Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dan kepala Hamas Yahya Sinwar bersedia untuk mencapai kesepakatan. Menurutnya, ini adalah masalah kemauan politik.

“Apakah para pemimpin di kedua belah pihak mengakui bahwa sudah cukup dan bahwa waktunya telah tiba untuk akhirnya membuat beberapa pilihan yang sulit,” ujarnya.

Menurut Burns, Israel telah berhasil melemahkan secara drastis kemampuan militer Hamas selama 11 bulan terakhir, tetapi belum melenyapkan gerakan tersebut dalam perang yang telah menciptakan krisis kemanusiaan yang parah.

"Itu juga sebuah gerakan dan sebuah ide," kata kepala mata-mata Amerika tersebut. ”Anda hanya bisa membunuh sebuah ide dengan ide yang lebih baik,” ujarnya, yang menambahkan bahwa itu berarti perlu ada harapan jangka panjang bagi warga Palestina.

Mengenai Ukraina, kepala mata-mata veteran itu ditanya apakah ada terlalu banyak kegugupan di Washington dan ibu kota barat lainnya tentang risiko eskalasi perang dengan memberikan izin bagi Storm Shadow, sebuah rudal dengan jangkauan setidaknya 190 mil, untuk digunakan di dalam wilayah Rusia.

"Tak seorang pun dari kita boleh menganggap enteng risiko eskalasi," kata Burns kepada hadirin di acara Financial Times di London—dan mengatakan bahwa sebenarnya ada keyakinan dalam CIA bahwa Rusia mungkin menggunakan senjata nuklir taktis di medan perang di Ukraina pada tahun pertama perang.

"Ada saat di musim gugur [gugur] 2022 ketika saya pikir ada risiko nyata potensi penggunaan senjata nuklir taktis oleh Rusia di Ukraina,” kata Burns, tetapi ia percaya kekhawatiran tersebut tidak boleh dianggap terlalu serius. "Saya tidak pernah berpikir kita harus diintimidasi secara tidak perlu oleh itu," imbuh dia.

Pada saat itu, pasukan Rusia telah didorong kembali di Ukraina utara dan telah meninggalkan Kherson di selatan, yang memicu keyakinan bahwa Rusia mungkin berusaha menggunakan senjata nuklir jika terjadi kekalahan. Bagaimanapun, garis depan menjadi stabil tak lama setelah itu.

Burns mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden telah mengutusnya untuk menyampaikan peringatan langsung kepada Sergey Naryshkin, kepala dinas intelijen luar negeri Rusia, pada sebuah pertemuan di Turki pada November 2022 untuk memperjelas apa saja konsekuensi dari eskalasi semacam itu—dan bahwa pendekatan serupa telah dilakukan saat ini.

Sejauh ini, Gedung Putih tampak ragu-ragu untuk mengizinkan penggunaan Storm Shadow dan rudal jarak jauh lainnya di dalam wilayah Rusia, seperti ATACMS buatan AS, meskipun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berulang kali mengajukan permohonan, termasuk yang diajukan pada hari Jumat.

Burns menyuarakan kekhawatiran bahwa Iran sedang mempertimbangkan apakah akan memasok rudal balistik ke Rusia, tetapi tidak akan mengonfirmasi apakah CIA yakin Teheran telah melakukannya. Itu akan menjadi “eskalasi dramatis” dalam hubungan antara kedua negara—Teheran sejauh ini hanya memasok pesawat nirawak yang kurang efektif bagi Rusia untuk digunakan di Ukraina.

Burns dan mitranya dari Inggris, kepala MI6 Sir Richard Moore belum pernah tampil bersama di depan publik sebelum penampilan mengejutkan di acara di Kenwood House, London, di Hampstead. Keamanan yang ketat membuat para hadirin hanya diberi tahu 15 menit sebelumnya siapa saja yang akan tampil.

Moore mengatakan ada kekhawatiran bahwa mata-mata Rusia menjadi semakin gegabah di Inggris, Eropa, dan tempat lain saat perang di Ukraina terus berlanjut. "Sejujurnya, saya pikir badan intelijen Rusia telah menjadi sedikit liar," kata kepala mata-mata Inggris itu, seperti yang ditunjukkan oleh serentetan serangan pembakaran di Inggris dan tempat lain di Eropa.

Topik Menarik