4Kalkulasi Pilihan Pahit Khamenei dalam Serangan Israel, dari Nuklir hingga Perang Psikologi

4Kalkulasi Pilihan Pahit Khamenei dalam Serangan Israel, dari Nuklir hingga Perang Psikologi

Global | sindonews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 12:50
share

Di koridor kekuasaan Teheran yang gelap, pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada akhir Juli yang secara luas diyakini dilakukan oleh Israel menghancurkan keseimbangan yang rapuh.

Waktu terjadinya eskalasi dalam konflik yang sudah berlangsung lama antara Iran dan Israel ini tidak bisa lebih buruk lagi, dengan Presiden Masoud Pezeshkian yang baru dilantik masih membiasakan diri dengan perannya ketika bola api geopolitik ini dilemparkan ke pangkuannya.

Melansir Al Jazeera, bagi Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, pembunuhan pemimpin kelompok Palestina itu lebih dari sekadar provokasi, itu adalah tantangan eksistensial.

Ledakan yang menewaskan Haniyeh, yang diyakini Iran sebagai rudal yang diluncurkan dari dalam perbatasannya sendiri, merupakan pelanggaran kedaulatan yang membuat Teheran marah dan membuat fatwa Khamenei tahun 2003 yang melarang pembuatan, penggunaan, dan penyimpanan senjata nuklir berada di bawah pengawasan ketat.

4Kalkulasi Ayatollah Khamenei dalam Menghadapi Pilihan Pahit Balas Dendam kepada Israel

1. Implikasi Strategis

Foto/AP

"Perdebatan tingkat tinggi mengenai apakah fatwa Khamenei tentang senjata nuklir melayani prioritas strategis Iran telah berlanjut sebelum pembunuhan Haniyeh," ungkap seorang pejabat senior Iran yang berbicara kepada Al Jazeera dengan syarat anonim.

Khamenei telah mengarahkan Iran melalui pergeseran global dari akhir Perang Dingin hingga munculnya unipolaritas Amerika Serikat dan konflik di Afghanistan, Irak, dan Suriah dan melalui sejarah yang menegangkan dari kesepakatan nuklir Iran dengan kekuatan dunia.

Kini, di usianya yang ke-85, ia perlu mengamankan masa depan republik Islam, titik kritis yang membutuhkan lebih dari sekadar manuver di "zona abu-abu" ruang antara perang dan perdamaian yang secara tradisional digunakan Iran untuk menekan musuh-musuhnya.

2. Membentuk Kembali Lanskap Strategis Timur Tengah

Foto/AP

Implikasinya dapat membentuk kembali lanskap strategis Timur Tengah pada saat para negosiator berusaha keras untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata yang akan mengakhiri perang brutal Israel di Gaza dan, tiga minggu setelah pembunuhan itu, Iran belum menunjukkan apa yang akan dilakukannya.

Ketika ditanya apakah Iran menahan serangannya terhadap rezim Israel sehingga perundingan gencatan senjata dapat dilanjutkan, perwakilan tetap Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amir Saeid Iravani, mengatakan kepada Al Jazeera: "Waktu ... tanggapan Iran akan diatur dengan cermat untuk memastikan bahwa hal itu terjadi pada saat yang paling mengejutkan."

Pembunuhan tersebut memicu perdebatan sengit di Iran, sumber mengatakan kepada Al Jazeera, dengan beberapa pihak berpendapat bahwa menahan diri adalah tindakan yang paling bijaksana, karena khawatir serangan balasan dapat menjerumuskan Iran ke dalam konfrontasi yang berlarut-larut dan mahal dengan Israel, yang dapat melemahkan Teheran dan sekutu regionalnya.

Kubu yang menahan diri dari seluruh spektrum politik Iran juga menyatakan harapan bahwa ketenangan sekarang dapat menjadi daya ungkit dalam negosiasi mendatang dengan AS, yang berpotensi membuka babak baru dalam hubungan AS-Iran dan menjadi tanggapan yang lebih ampuh terhadap provokasi Netanyahu.

3. Tidak Mau Terjebak dalam Perang Psikologis

Foto/AP

Berbicara kepada para pejabat pada 14 Agustus, ia mengatakan Iran tidak boleh diintimidasi oleh perang psikologis adalah musuh-musuhnya.

Mengutip Al-Quran, ia menambahkan bahwa "mundurnya secara non-taktis, baik di bidang militer, politik, media, atau ekonomi, akan mendatangkan murka ilahi". Meskipun belum ada indikasi mengenai apa yang akan ia lakukan, itu adalah pilihan yang dapat membentuk kembali lanskap strategis Timur Tengah.

Pertanyaan nuklir menambah kompleksitas.

Sejauh ini, kebijakan nuklir Iran berpusat pada haknya untuk memiliki teknologi nuklir yang damai, fatwa Khamenei tentang masalah tersebut, dan untuk berada di zona bebas senjata nuklir, seorang pejabat yang ingin tetap anonim mengatakan kepada Al Jazeera.

"Dalam arti luas, kebijakan nuklir Iran masih belum termasuk dalam kategori ambiguitas nuklir seperti Israel," kata pejabat itu, mengacu pada penolakan Israel untuk mengungkapkan kemampuan nuklir apa yang dimilikinya.

Namun, pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di PBB September lalu dan seorang menteri Israel yang menganjurkan agar Gaza diratakan dengan senjata nuklir telah dianggap sebagai ancaman oleh Iran, kata pejabat tersebut, yang mendorong Iran untuk memikirkan kembali strateginya.

Penarikan diri sepihak AS dari perjanjian nuklir adalah alasan lain bagi Iran untuk mengkalibrasi ulang pendekatannya, mereka menambahkan, menjelaskan bahwa Iran memasuki perundingan nuklir dengan harapan sanksi terhadap negara itu akan dicabut sebagai imbalan atas pembatasan pada program nuklirnya.

Tetapi, apa yang terjadi [ketika AS meninggalkan perjanjian nuklir]? mereka bertanya secara retoris.

Iran harus menghadapi kebijakan tekanan maksimum AS tanpa [mampu melakukan] apa pun.

Akankah doktrin nuklir berubah? Respons Iran harus menghukum agresor atas tindakan terorisme dan pelanggaran terhadap kedaulatan nasional Iran [serta] memperkuat kemampuan pencegahan Iran untuk menimbulkan penyesalan mendalam di dalam rezim Israel, dengan demikian berfungsi sebagai pencegah, kata duta besar PBB Iravani.

Lebih jauh, tambahnya, respons Iran harus dikalibrasi dengan hati-hati untuk menghindari kemungkinan dampak buruk yang berpotensi memengaruhi gencatan senjata prospektif [di Gaza].

Itu adalah keseimbangan yang mungkin mustahil untuk dicapai.

Dalam konteks ini, pejabat anonim itu mengatakan, Ancaman yang ditunjukkan oleh entitas Zionis [Israel] dan pergeseran dari kebijakan ambiguitas tentang program nuklir mereka ke kebijakan ancaman nuklir yang jelas terhadap Iran di Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan bahwa mereka mungkin kemudian menargetkan fasilitas nuklir itu sendiri.

Mereka menambahkan: Iran perlu mempertahankan kedaulatannya, dan sedang membahas revisi doktrinnya. Jika senjata nuklir Israel tidak disingkirkan, akan ada persaingan untuk memiliki senjata nuklir di kawasan tersebut, dan Iran pasti akan menilai ulang strateginya.

5. Dipengaruhi Negara Tetangga

Ketika ditanya apakah mereka berpikir bahwa Iran, jika mengubah doktrin nuklirnya, akan beralih ke produksi senjata nuklir, terutama karena perkiraan Barat dan Israel mengatakan tidak lebih dari sebulan lagi untuk memproduksi hulu ledak nuklir, pejabat anonim itu menjawab tidak.

"Setiap perubahan dalam doktrin nuklir tidak berarti harus bergerak ke arah senjata nuklir," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa hal itu dapat berarti mengubah strategi nuklir saat ini, dan menegaskan bahwa setiap perubahan akan diarahkan ke Israel karena Israel mengancam Iran.

Perubahan seperti itu mungkin membuat khawatir tetangga Iran, tetapi, pejabat itu menambahkan: "Kami terbuka terhadap segala cara untuk meyakinkan tetangga kami tentang kemampuan nuklir kami.

"Pertanyaannya tetap apakah tetangga kami siap meyakinkan kami tentang pembelian senjata mereka dan ancaman yang ditimbulkan oleh keberadaan pangkalan Amerika di tanah mereka."

Pada akhirnya, pilihan yang ada di hadapan Khamenei seperti cangkir pahit yang harus diminumnya - pemimpin tertinggi menghadapi ujian ketahanan saat ia mempertimbangkan pilihan-pilihannya, masing-masing penuh dengan risiko yang signifikan dan hasil yang tidak pasti.

Taruhannya tidak pernah setinggi ini, saat dunia menyaksikan Teheran bergulat dengan keputusannya yang paling kritis dalam beberapa dekade.

Topik Menarik