Ukraina Sebut Drone Rusia Bunuh Dua Warga Sipil di Daerah Perbatasan

Ukraina Sebut Drone Rusia Bunuh Dua Warga Sipil di Daerah Perbatasan

Global | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 07:08
share

KYIV - Serangan drone Rusia menewaskan dua warga sipil dan melukai beberapa orangpada Kamis (22/8/2024) di wilayah Sumy, Ukraina , di perbatasan dengan Rusia. Wilayah Sumy bertetangga dengan wilayah Kursk Rusia, tempat pasukan Ukraina telah melancarkan serangan sejak awal bulan ini.

Militer Ukraina mengatakan pasukannya telah diserang Rusia berkali-kali pada Selasa (20/8/2024) di garis depan Toretsk dan Pokrovsk di Ukraina timur. Dalam sebuah pernyataan, militer mengatakan pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di sekitar Toretsk, termasuk pemukiman Niu-York, tetapi tidak mengatakan apa hasil pertempuran itu.

Sebelumnya, Rusia mengatakan pasukannya telah menguasai Niu-York, tetapi Reuters tidak dapat memverifikasinya secara independen. Militer Ukraina mengatakan garis depan Pokrovsk adalah tempat Rusia memusatkan serangan utamanya. Dilaporkan pasukannya telah menangkis 49 serangan Rusia pada Selasa (20/8/2024), dan 13 bentrokan lainnya masih berlangsung.

Dalam sebuah pernyataan, militer mengatakan pasukan Rusia menyerang pertahanan Ukraina sebanyak 21 kali selama Senin (19/8/2024) di wilayah Toretsk, dengan beberapa serangan masih berlangsung hingga malam hari.

Sementara itu, tentara Rusia tengah berjuang untuk menahan serangan Ukraina yang berani dan ambisius yang sejauh ini telah merebut sekitar 483 mil persegi wilayah, bersama dengan 92 permukiman. Ukraina telah berusaha untuk menekan serangannya dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan menghentikan serangannya.

Tiga jembatan di seberang Sungai Seim telah hancur atau rusak parah, demikian klaimnya, dengan Ukraina kini siap untuk merebut lebih banyak wilayah lagi.

Tentara Kiev berupaya untuk maju dari pangkalan jembatannya yang ada di sekitar kota Sudzha, Rusia, yang direbut dua minggu lalu. Laporan menunjukkan bahwa pasukan Ukraina hanya berjarak 1,6 mil dari Sungai Seim, tempat tentara Rusia terjebak di distrik Korenevsky.

Jika Ukraina berhasil mencapai Seim, maka pasukan Rusia di selatan sungai akan secara efektif terputus dari sisa pasukan mereka. Pasukan Ukraina juga akan memperoleh bagian tanah Rusia yang cukup besar, sekitar 270 mil persegi.

Topik Menarik